PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DMR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK

DEVARA, SELVIANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DMR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan literasi dan disposisi matematis sangat diperlukan untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai penunjang dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan literasi dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Merbau Mataram, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan diposisi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran DMR atau Diskursus Multy Reprecentacy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimen dengan design posttest only control. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Merbau Mataram, serta sampel dipilih dengan cluster random sampling yaitu kelas VIII A dan F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan pertama terdapat pengaruh kemampuan literasi dan disposisi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran DMR dengan model pembelajaran Direct Instruction, ditunjukkan dengan perbandingan kedua kelas bahwa rata-rata kemampuan literasi di kelas eksperimen sebesar 72,13 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 38,41 Selain itu untuk rata-rata keseluruhan kemampuan disposisi matematis untuk kelas eksperimen sebesar 65,47 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 60,50. Kesimpulan kedua terdapat pengaruh kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran DMR dengan model pembelajaran direct instruction ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Selanjutnya kesimpulan ketiga terdapat pengaruh kemampuan disposisi matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran DMR dengan model pembelajaran Direct Intruction ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Kata Kunci :DMR, Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:01
Last Modified: 13 Jul 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19772

Actions (login required)

View Item View Item