EFEKTIVITAS MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QUR’AN DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA (MATH ANXIETY)

Ririn, Maratus Solekha (2022) EFEKTIVITAS MENDENGARKAN MUROTTAL AL-QUR’AN DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA (MATH ANXIETY). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIRIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pelajaran matematika masih dianggap sebagai salah satu pelajaran yang sulit dipahami dan bahkan ditakuti oleh banyak siswa. Perasaan takut merupakan salah satu gejala kecemasan. Kecemasan matematika sering terjadi saat siswa tidak mampu menyelesaikan persoalan matematika Dalam pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MA Mathlaul Anwar Pematang didapatkan hasil bahwa terdapat 90% peserta didik kelas XI memiliki tingkat kecemasan matematika sedang dan 10% peserta didik memiliki tingkat kecemasan tinggi. Dengan demikian siswa dengan kecemasan matematika tinggi dan sedang lebih banyak dari siswa dengan tingkat kecemasan rendah. Peneliti tertarik untuk memberikan alternatif yang dapat menurunkan tingkat kecemasan mengerjakan soal matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mendengarkan murottal Al-Qur‟an efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan mengerjakan soal matematika (Math Anxiety). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Mathlaul Anwar Pematang. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dengan teknik undian, diperoleh kelas IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPS 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kecemasan dan tes matematika. sebelum dilakukan uji analisis data terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil uji hipotesis kecemasan mengerjakan soal matematika yang dilakukan di MA Mathlaul Anwar Pematang pada taraf signifikansi diperoleh dan karena maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa mendengarkan murottal al-qur‟an lebih efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan mengerjakan soal matematika dari mendengarkan musik klasik. Berdasarkan hasil analisis data pada aspek yang diamati murottal Al-Qur‟an lebih baik dalam menurunkan kecemasan pada aspek somatik, motorik dan kognitif, sedangkan musik klasik lebih baik dalam menurunkan kecemasan pada aspek afektif. Kata Kunci : Murottal Al-Qur’an, Kecemasan Matematika, Math Anxiety

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:15
Last Modified: 12 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item View Item