HUBUNGAN PERSISTENSI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19

ANA, SEFTIANI (2022) HUBUNGAN PERSISTENSI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi ANA SEFTIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh peserta didik dalam upaya menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di kelas X IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis tiap-tiap peserta didik tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan belajar mandiri yang tidak persisten. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui 1) Hubungan langsung persistensi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) Hubungan langsung kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 3) Hubungan langsung persistensi diri terhadap kemandirian belajar, dan 4) Hubungan tidak langsung persistensi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis melalui kemandirian belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dengan jumlah 162 siswa. Penarikan sampel menggunakan metode stratified random sampling dengan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 115 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat 1) Hubungan langsung persistensi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pengaruh sebesar 32,4%, 2) Hubungan langsung kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pengaruh sebesar 65,7%, 3) Hubungan langsung persistensi diri terhadap kemandirian belajar dengan pengaruh sebesar 92,7%, dan 4) Hubungan tidak langsung persistensi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis melalui kemandirian belajar dengan pengaruh sebesar 60,9%. Kata Kunci : Persistensi, Pemecahan, Kemandirian, COVID-19, dan Path

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:22
Last Modified: 11 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19766

Actions (login required)

View Item View Item