KOMUNIKASI TRANSEDENTAL DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP MAHASISWA TINGKAT AKHIR (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN RADEN INTAN LAMPUNG)

AJENG, MONIKASELIS (2022) KOMUNIKASI TRANSEDENTAL DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP MAHASISWA TINGKAT AKHIR (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN RADEN INTAN LAMPUNG). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AJENG MONIKASELIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang utama, karena tanpa komunikasi, manusia tidak bisa menjalani kehidupan dengan baik. Termasuk diantaranya adalah komunikasi transedental yakni komunikasi terhadap hal-hal yang gaib, dalam hal ini adalah komunikasi dengan Tuhan. Oleh karena itu, maka penelitian ini dianggap penting untuk dilakukan karena dengan adanya komunikasi yang baik antara manusia dengan Tuhannya, maka manusia akan mendapatkan kebahagiaan berupa ketenangan hati, jiwa, dan pikiran. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) serta pendekatan kualitatif deskriptif guna mendapatkan data-data dan fakta yang ada di lapangan yang terjadi secara langsung. Sumber data diperoleh melalui data primer dan sekuder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam (depth interview) bersama 7 (tujuh) orang mahasiswa tingkat akhir jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti sub-bagian akademik, kemahasiswaan, dan alumni FDIK, sub-bagian umum FDIK, buku�buku, jurnal-jurnal, serta dokumen resmi lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif sebagaimana dikemukakan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah proses yang dilewati oleh mahasiswa tingkat akhir jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yakni dilakukan melalui kegiatan kontemplasi komunikasi transedental dengan menggunakan media ibadah seperti sholat, berdo’a, berdzikir, membaca al-Qur’an dan lain sebagainya. Adapun feedback atau umpan balik dari pelaksanaan kontemplasi komunikasi transedental yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam ini membuat mereka selalu berpikir positif, merasa lebih tenang terutama hati, jiwa, dan pikiran, serta lebih bahagia sehingga bersemangat dalam melakukan aktifitas terutama dalam menyelesaikan tugas-tugas dan dalam menghadapi suatu permasalahan. Kata Kunci: Ibadah, Komunikasi, Komunikasi Transedental, Pengendalian Diri, Perilaku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:39
Last Modified: 11 Jul 2022 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19764

Actions (login required)

View Item View Item