IKLAN LAYANAN MASYARAKAT COVID-19 DALAM MELINDUNGI DIRI DAN KELUARGA DI KEHIDUPAN NEW NORMAL PADA MASYARAKAT GANJAR ASRI METRO BARAT

YUSUF, ALIM (2022) IKLAN LAYANAN MASYARAKAT COVID-19 DALAM MELINDUNGI DIRI DAN KELUARGA DI KEHIDUPAN NEW NORMAL PADA MASYARAKAT GANJAR ASRI METRO BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUSUF ALIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Iklan Layanan Masyarakat merupakan sarana menyampaikan informasi, mengajak atau mendidik khalayak dengan memiliki tujuan yaitu keuntungan sosial seperti penambahan pengetahuan sehingga berdampak pada timbulnya kesadaran sikap dan perubahan perilaku terhadap masalah yang di iklankan yang dalam hal ini merupakan perilaku taat protokol kesehatan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah perilaku melindungi diri dan keluarga pada masyarakat Desa Ganjar Asri, Metro Barat dari ancaman virus Covid-19. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran Iklan Layanan Masyarakat terhadap perilaku melindungi diri dan keluarga masyarakat Desa Ganjar Asri akan COVID-19. Untuk mengidentifikasi secara mendalam, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, kemudian data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 11 dari 15 partisipan atau 73,3% masyarakat Ganjar Asri melaksanakan protokol kesehatan, sementara itu 8 dari 15 atau 53,3% masyarakat Ganjar Asri mengetahui Iklan Layanan Masyarakat tentang Covid-19, namun hanya 5 dari 15 atau 33,3% masyarakat yang terpengaruh secara langsung oleh Iklan Layanan Masyarakat tentang Covid-19 dan mengimplementasikan protokol kesehatan kedalam kehidupan sehari�hari, 3 dari 15 atau 20% masyarakat Ganjar Asri terpengaruh secara tidak langsung yakni dari himbauan perangkat desa maupun ajakan iii keluarga terdekat, dan 4 dari 15 atau 26,6% masyarakat Ganjar Asri tidak mengetahui atau tidak peduli dengan adanya protokol kesehatan. Maka dengan ini penulis menyimpulkan bahwa sebagian besar masyarakat Desa Ganjar Asri sudah menunjukkan perilaku taat protokol kesehatan dalam melindungi diri dan keluarga, namun disamping itu Iklan Layanan Masyarakat tentang Covid-19 masih belum cukup efektif melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai sarana yang membantu mempengaruhi perilaku masyarakat untuk bisa memahami kondisi pandemi serta mematuhi protokol kesehatan. Kata kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Kesadaran, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:26
Last Modified: 11 Jul 2022 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19761

Actions (login required)

View Item View Item