PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI

NURHANIFAH, GUSSANI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURHANIFAH GUSSANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK iii Penelitian ini dilatar belakangi identifikasi masalah yang ditemukan di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung dan SD Negeri 5 Suka Jawa Bandar Lampung. Pada saat proses pembelajaran yang selama ini hanya menggunakan media berupa buku paket yang terdapat di sekolah, pembelajaran yang belum bervariatif, dan keterbatasan alat dan bahan dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan yang ada dikembangkan media pembelajaran buku dongeng fabel dengan tujuan (1) menghasilkan media pembelajaran yang menarik berupa buku dongeng fabel pada materi dongeng sub tema 7 kebersamaan dirumah kelas II di SD/MI. (2) mengetahui keefektifan media dengan mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran buku dongeng fabel. (3) mengetahui respon kelayakan validasi terhadap media pembelajaran buku dongeng fabel. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan mengetahu langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Media pembelajaran buku dongeng fabel di nilai kelayakannya oleh beberapa ahli yaitu ahli media, ahli Bahasa, ahli materi, dan 2 pendidik. Produk di uji coba pada peserta didik kelas II pada uji coba kelompok kecil dan juga uji coba kelompok besar dengan memberikan angket. Hasil validasi pada media pembelajaran buku dongeng fabel oleh ahli media memperoleh rata-rata persentase 94% dengan kriteria sangat layak. Validasi ahli materi memperoleh rata-rata persentase 90,3% dengan kriteria sangat layak. Validasi ahli Bahasa memperoleh rata-rata persentase 91,5% dengan kriteria sangat layak. Penilaian pada respon pendidik memperoleh rata-rata persentase 92,6% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung memperoleh rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat layak. dan uji coba kelompok besar di SD Negeri 5 Suka Jawa Bandar Lampung memperoleh rata�rata persentase 92% dengan kriteria sangat layak. Kata kunci : Buku Dongeng Fabel, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:52
Last Modified: 07 Jul 2022 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19747

Actions (login required)

View Item View Item