KETELADANAN KYAI DALAM MEMBENTUK PERILAKU DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMEDANG SARI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR SUMATERA SELATAN

LISTIANI, DUL KARIM (2022) KETELADANAN KYAI DALAM MEMBENTUK PERILAKU DISIPLIN SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMEDANG SARI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Saat ini, anak-anak mengalami krisis keteladanan. Karena banyak anak-anak mengikuti keteladanan melalui artis dan pemain sintron yang tentu saja tidak sesuai dengan ajaran agama. Hal ini disebabkan sedikitnya media masa yang mengangkat tentang tokoh�tokoh teladanan bagi anak-anak. Tayangan-tayangan televisi yang tidak sesuai dengan ajaran agama misalnya didominasi acara hiburan dalam berbagai variasinya, acara sinetron, atau acara gosip selebriti yang tidak dapat diharapkan memberikan contoh kehidupan islami secara utuh. Dalam kondisi krisis keteladanan, tentu saja kyai atau ulama menjadi basis penting dalam pendidikan keagamaan karena dianggap memiliki ilmu dan pemahaman dalam ilmu agama. Dalam hal ini keteladanan digunakan untuk membentuk perilaku disiplin agar sesuai dengan ajaran agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meneliti mengenai keteladanan kyai dalam membentuk perilaku disiplin santri di Pondok Pesantren Darussalam Sumedang Sari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussalam Sumedang Sari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan dengan metode deskriptif penelitian yang disusun untuk memberikan gambaran secara sistematis tentang informasi yang berasal dari subjek dan objek penelitian. Yaitu penerapan perilaku dalam proses transfer keteladanan kiyai yang ada dan keteladanan apa saja yang dilakukan dalam membentuk perilaku disiplin santri di Pondok Pesantren Darussalam Sumedang Sari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Dalam penelitian ini sumber data penelitian yaitu data primer yang terdiri pimpinan pondok pesantren, pembimbing pondok pesantren, pengurus pondok pesantren, dan santri. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh penulis secara tidak langsung dari objek yang diteliti dari dokumen, brosur, youtube, baliho di Pondok Pesantren Darussalam Sumedang Sari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data display)/Verification (Verifikasi), dan Triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dari penulis lakukan Pondok Pesantren Darussalam Sumedang Sari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan ditemukan bahwa dalam iii membentuk perilaku disiplin santri melalui keteladanan kyai menerapkan enam keteladanan yaitu keteladanan dalam kepemimpinan, keteladanan dalam hubungan sosial, keteladanan dalam disiplin menjaga waktu, keteladanan dalam beribadah, keteladanan dalam belajar, dan keteladanan dalam mentaati peraturan pondok dengan baik berdasarkan teori dan data penulis dapatkan. Walaupun masih ada beberapa santri yang masih melanggar namun hanya 0,5 % dari 595 santri yang berarti hanya sekitar 2 saja dari keseluruhan. Kesimpulan dari penelitian keteladanan kyai mempengaruhi pembentukan perilaku disiplin santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:09
Last Modified: 07 Jul 2022 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19745

Actions (login required)

View Item View Item