PENERAPAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN DARING ERA COVID-19 BAGI STIMULASI BAKAT DAN MINAT UNTUK SISWA KELAS VII MTS ASSYIFA KARANG SARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nur, Tanti Handayani (2022) PENERAPAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN DARING ERA COVID-19 BAGI STIMULASI BAKAT DAN MINAT UNTUK SISWA KELAS VII MTS ASSYIFA KARANG SARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (21MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Di awal tahun 2020 sampai sekarang ini negara kita dilanda wabah virus corona atau yang biasa disebut dengan covid-19, dimana proses pembelajaran menjadi dirumahkan atau dengan kata lain belajar secara daring. Dalam proses pembelajaran daring ini sangat sulit dalam pengelolaan materi bahan ajar dan penilaian yang tidak maksimal. Pembelajaran daring ini membuat peserta didik mengalami ketidakpahaman atas materi yang disampaikan. Pembelajaran daring ini juga membuat para siswanya menjadi malas dan tidak bersemangat dalam menerima pelajaran. Belajar merupakan perkembangan yang menunjukkan proses kedewasaan seseorang untuk mengembangkan kemempuan intelektualnya. Untuk menunjang itu semua, harusnya guru dalam proses pembelajaran daring seperti ini mampu menggunakan metode yang menarik perhatian siswa agar siswa semangat dalam belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring ini adalah metode inquiry, metode yang menerapkan berpikir secara ilmiah yang membuat kreatifitas berpikir bagi siswa sehingga memunculkan adanya minat belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan motode inquiry pada pembelajaran daring era covid-19 terhadap stimulasi bakat dan minat siswa kelas vii di mts assyifa karang sari. Data yang diperoleh berupa data kualitatif sedangkan sumber diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecakan sumber data dan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil peneilitian menunjukkan kesimpulan bahwa guru harus mampu menerapkan metode inquiry dalam proses pembelajaran daring yang saat ini sedang dilakukan. Karena dengan metode ini mampu mengubah rasa malas dan rasa bosan siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Selain itu juga, metode inquiry dirasa mampu memunculkan minat siswa dalam belajar sehingga bisa mengolah bakat yang ada didalam dirinya. Kata kunci : Bakat, Metode Inquiry, Minat, Pembelajaran Daring, Stimulasi iii ABSTRACT At the beginning of 2020 until now our country has been hit by an outbreak of the corona virus or what is commonly referred to as covid-19, where the learning process is being laid off or in other words learning online. In this online learning process, it is very difficult to manage teaching materials and assessment that are not optimal. This online learning make students experience misunderstanding of the material presented. This online learning make students lazy and not enthusiastic in receiving lessons. Learning is development that shows a person’s maturity process to develop his intellectual abilities. To support all of this, teachers in online learning processes like this should be able to use methods that attract students’ attention so that students are enthusiastic about learning. One of the methods that can be used in this online learning is the inquiry method, a method that applies scientific thinking that makes students think creatively so that it raises students’ interest in learning. This study aims to determine the application of the inquiry method in online learning in the covid-19 era to the stimulation of the talents and interests of class vii students at mts assyifa karang sari. The data obtained on the form of qualitative data while the sources obtained form observation, documentation, and interviews. The data validity technique was carried out by triangulation through checking the data sources and the data were analyzed descriptively qualitatively. The results of the research show the conclusion that teachers must be able to apply the inquiry method in the online learning process that is currently being carried out. Because this method is able to change the feeling of laziness and boredom of students to be more enthusiastic in participating in the learning process. In addition, the inquiry method is consired capable of generating student interest in learning so that they can cultivate the talents that exist within them. Keywords : Talents, Inquiry Method, Interests, Online Learning, Stimulation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:51
Last Modified: 07 Jul 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19740

Actions (login required)

View Item View Item