PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 3 MENGGALA

CITRA, PUTRI YAYU (2022) PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 3 MENGGALA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL CITRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 3 MENGGALA Oleh Citra Putri Yayu Guru bimbingan konseling mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan peserta didik. Hal ini sesuai dengan fungsi bimbingan konseling yaitu membantu peserta didik untuk berkembang secara optimal sesuai dengan perkembangan dan tuntutan yang terjadi di lingkungan. Kedisiplinan sekolah akan optimal apabila ada kerja sama dari berbagai pihak. Untuk itu, perlu adanya kontribusi dari pihak seperti kepala sekolah, para guru, staf-staf yang lain, satpam sekolah, dan peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individual yang diberikan guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Menggala Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil wawancara, hasil dari layanan tersebut adalah terselenggaranya layanan konseling individu yang di terapkan untuk meningkatkan disiplin belajar. Dalam hal ini terjadi proses perubahan keadaan, prilaku dalam diri peserta didik setelah menerima layanan tersebut oleh guru bimbingan dan konseling, peserta didik yang awalnya jarang mengikuti pembelajaran melalui zoom, tidak mengerjakan tugas, tidak memperhatikan guru mata pelajaran saat menjelaskan materi pada saat jam pelajaran berlangsung, menghabiskan waktunya untu bermain game. Setelah dilaksanakan layanan konseling individu oleh guru bimbingan dan konseling.terdapat perubahan peserta didik menjadi ada keinginan yang besar untuk mengerjakan tugas, mengikuti pembelajaran melalui aplikasi zoom, dan memperhatikan guru mata pelajaran saat menjelaskan materi yang diberikan oleh guru mata pelajaran dan mampu menggunakan handphone-nya untuk belajar tidak hanya bermain game saja. Namun perubahan yang dialami peserta didik tidak langsung akan tetapi setelah mendapatkan layanan konseling terjadi perubahan perilaku pada peserta didik Kata kunci: Konseling Individu, kedisiplinan peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:48
Last Modified: 07 Jul 2022 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19739

Actions (login required)

View Item View Item