PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KECERDASAN NUMERIK PESERTA DIDIK KELAS VII

DEWI, LESTARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY (PLGI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KECERDASAN NUMERIK PESERTA DIDIK KELAS VII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DEWI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan numerik peserta didik dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan numerik peserta didik masih rendah, hal ini terlihat dari hasil uji kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII B yang memperoleh nilai diatas KKM dengan nilai 70 sebanyak 7 dari 22 peserta didik, dan hasil uji kecerdasan numerik peserta didik kelas VII B yang memperoleh nilai diatas KKM dengan nilai 70 sebanyak 6 dari 22 peserta didik, selain itu kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan. Dalam mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Peer Led Guided Inqury (PLGI). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Peer Led Guided Inqury (PLGI) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan numerik peserta didik. penelitian ini merupakan penelitian (Quasi Eksperimental Design). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan uji MANOVA yang diperoleh dari nilai Pillai‟s Trace, Wilks‟ Lambda, Hotelling‟s Trace, Roy‟s Largest Root = 0,000 dan nilai kriteria uji = 0,05 yang berarti nilai p-Value lebih kecil dibandingkan kriteria uji, sehingga ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Peer Led Guided Inqury (PLGI) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan numerik peserta didik. Kata kunci : Model Peer Led Guided Inqury (PLGI), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Numerik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:38
Last Modified: 06 Jul 2022 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19733

Actions (login required)

View Item View Item