PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTANDING, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) BERBANTUAN MEDIA GAMIFIKASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT PESERTA DIDIK

INA, SUBEKTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTANDING, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) BERBANTUAN MEDIA GAMIFIKASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONCEPT PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) berbantuan gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self concept peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Persada Bandar Lampung. Dalam penelitian ini sampel terdiri dari dua kelas, kelas yang pertama yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) berbantuan media gamifikasi dan kelas kedua yaitu kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan strategi quasi eksperiment. Hasil rata�rata dari penelitian ini pada kelas eksperimen yang menggunakan model MURDER yaitu sebesar 82,181 dan kelas kontrol dengan model PBL yaitu sebesar 65,587. Rata-rata angket yang diperoleh pada self concept tinggi adalah 77,214, dan pada self concept sedang adalah 73,271, sedangkan pada self concept rendah adalah 71,167. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji analisis variansi dua arah sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis yang pertama diperoleh yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) berbantuan media gamifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Dan pada hasil analisis yang kedua tidak terdapat pengaruh self concept tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Sedangkan pada hasil analisis yang ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) berbantuan media gamifikasi dengan self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran MURDER berbantuan media gamifikasi, pemahaman konsep matematis dan self concept

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:28
Last Modified: 06 Jul 2022 04:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19731

Actions (login required)

View Item View Item