PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI SWISHMAX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs NURUL MUTTAQIN PENUMANGAN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

SEPRINA, Mehdari (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI SWISHMAX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs NURUL MUTTAQIN PENUMANGAN KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SEPRINA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan suatu masyarakat untuk memelihara kelangsungan hidup, kebudayaan dan peradaban masyarakat itu sendiri, melalui proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan karena proses pembelajaran masih berpusat hanya pada guru atau metode, strategi dan media yang digunakan kurang bervariasi. Di MTs Nurul Muttaqin Penumangan hasil belajar mata pelajaran fiqih kelas VIII masih terbilang rendah. Oleh karena itu peneliti menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi swishmax, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi swishmax terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Nurul Muttaqin Penumangan, Kab. Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian ini adalah Quasi Ekperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif analisis data bersifat statistik, design yang digunakan yaitu non-equivalent control grup design. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIIIA sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berubapa pilihan ganda untuk aspek hasil belajar kognitif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired t test dan uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran aplikasi swishmax terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan siswa kelas eksperimen yang mendapatkan nilai rata-rata pretest 42,22 yang menunjukkan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan media aplikasi swishmax nilai rata-rata posttest menjadi 62,78. Setelah diberi perlakukan pembelajaran dengan media aplikasi swishmax. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian uji-t test menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,046 < dari taraf 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Media Aplikasi Swishmax, Hasil Belajar, Fiqih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:24
Last Modified: 05 Jul 2022 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19727

Actions (login required)

View Item View Item