PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 MENGGALA TULANG BAWANG

MARLINA, Erson (2022) PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 MENGGALA TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARLINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 MENGGALA Oleh : Marlina Pendidikan formal pada era dewasa ini, nampaknya senantiasa lebih ditingkatkan pada segi kualitas guru, dimana guru senantiasa dituntut lebih meningkatkan keprefosionalisme, demikian juga dalam upaya meningkatkan kualitas pembentukan prilaku siswa yang sebenarnya tidak terlepas dari pendekatan dalam proses belajar mengajar.Dalam lingkungan sekolah guru memiliki peranan sangat penting bagi siswa, guru tidak hanya mengajar tetapi memberikan bimbingan/ pengarahan dan mendidik peserta didik agar peserta didik mempunyai sikap dan tingkah laku yang baik entah itu berada disekolah atau lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan hambatan guru dalam menumbuhkan ukhuwah islamiyah pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Menggala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara/ interview, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dilakukan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta yang ada di SMP Negeri 3 Menggala. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa Sekolah dan guru telah melaksanakan perannya namun karena adanya hambatan-hambatan yang dialami guru baik dari faktor internal maupun faktor eksternal, maka sebagian peserta didik belum memiliki kesadaran untuk menjalankan sikap ukhuwah islamiyah yakni menjalankan kegiatan yang sifatnya taat beribadah, menaati aturan sekolah, saling menghormati dan menghargai satu sama lain, tolong menolong dalam kebaikan, serta saling menjalankan dan menjaga silaturahmi. Akan tetapi, di samping itu juga guru tidak akan pernah putus asa dalam mendidik, selalu memberikan contoh yang baik dan memberikan peringatan kepada peserta didik yang bertujuan untuk menumbuhkan ukhuwah islamiyah peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Peran Guru, Ukhuwah Islamiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:05
Last Modified: 05 Jul 2022 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item