KOMUNIKASI DAKWAH DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SDIT FITRAH INSANI LANGKAPURA KOTA BANDAR LAMPUNG

Khudrotun, Nada Munawaroh (2022) KOMUNIKASI DAKWAH DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SDIT FITRAH INSANI LANGKAPURA KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI NADA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SDIT Fitrah Insani merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Qur‟ani yang membentuk generasi yang cerdas dan mandiri. SDIT Fitrah Insani ini mempunyai program khusus yaitu menghafal Al-Qur‟an. Dalam proses menghafal Al-Qur‟an di SDIT Fitrah Insani mempunyai target hafalan 2 Juz setelah lulus, sehingga di SDIT Fitrah Insani ini berfokus pada proses menghafal Al-Qur‟an. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan adalah Bagaimana “Komunikasi Dakwah Dalam Pembinaan Kedisiplinan Hafalan Al-Qur‟an Di SDIT Fitrah Insani Langkapura Kota Bandar Lampung?”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses komunikasi dakwah dalam pembinaan kedisiplinan hafalan Al-Qur‟an dalam keberhasilan komunikator (guru) dalam membimbing komunikan (siswa-siswi), dan metode-metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur‟an. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data yaitu sumber data primer, sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, beberapa guru-guru dan beberpa siswa-siswi. Untuk sumber data sekundernya sendiri adalah menggunakan metode dokumentasi dan jurnal yang sesuai dengan tema penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah 7 orang dengan berbagai macam informan yang diteliti. Diantaranya adalah Kepala Sekolah, Penanggung Jawab Qur‟an, Guru Kelas 1, Guru Kelas 2, Guru kelas 3, Siswi Kelas 1, Siswi Kelas 2, dan Siswi Kelas 3. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan pelaksanaan komunikasi dakwah dalam pembinaan kedisiplinan hafalan Al-Qur‟an sesuai dengan fakta dilapangan dan dianalisis kedalam teori. Kemudian Proses penganalisaan data dalam penelitian ini peneliti memperoleh data dari sumber, kemudian peneliti mengumpulkan, mengolah, merumuskan, setelah itu menganalisis data yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dakwah beserta metode yang digunakan guru tahsin/tahfidz dalam membina siswa-siswi nya adalah menggunakan komunikasi dakwah Mujadalah Billati Hiya Ahsan, dimana metode komunikasi dakwah ini guru memberikan arahan lalu siswa-siswi merespon. Dan metode yang digunakan dalam membimbing siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode Talaqqi , metode ini seorang guru mencontohkan lalu siswa-siswi mengikuti. Kemudian komunikasi dakwah Mujadalah Billati Hiya Ahsan dimana guru pembimbing berperan penting dalam mentasmi‟ siswa-siswinya. Dan metode yang digunakan dalam membimbing siswa-siswi dalam menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode tasmi‟, metode ini memperdengarkan hafalannya kepada orang lain. Sedangkan untuk metode menghafal Al-Qur‟an siswa-siswi menggunakan metode metode Bin-Nazar, metode bin-nazar ini membaca dengan cermat ayat-ayat Al-Qur‟an, dalam metode menghafal Al-Qur‟an ini menggunakan metode komunikasi dakwah Mau‟izatul Khasanah dimana dalam proses membinanya memberikan nasihat/arahan yang mendukung dalam proses menghafalnya. Selanjutnya iv ada Metode Tahfidz, metode ini menghafalnya membaca sedikit demi sedikit dan dibaca secara berulang-ulang, untuk metode tahfidz ini metode komunikasi dakwah yang digunakan adalah metode komunikasi dakwah Bil�Hikmah yaitu dalam proses pembinaan yang dilakukan harus menyesuaikan pada kemampuan siswa-siswinya. Sedangkan unsur-unsur komunikasi dakwah terdiri dari komunikator, komunikan, pesan, media dan efek. Dengan menggunakan metode menghafal Al-Qur‟an, metode komunikasi dakwah, unsur-unsur komunikasi dakwah, maka dalam proses komunikasi dakwah dalam pembinaan kedisiplinan hafalan Al-Qur‟an tersebut berjalan dengan baik, dan berjalan sesuai tujuan beserta visi misi SDIT Fitrah Insani Langkapura Kota Bandar Lampung. Kata kunci : Komunikasi Dakwah, Pembinaan Kedisiplinan dan menghafal Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:24
Last Modified: 05 Jul 2022 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19719

Actions (login required)

View Item View Item