Peran Organisasi Garuda Kali Balau Kencana Dalam Meningkatkan Solidaritas Masyarakat Kota Melalui Kegiatan Sosial Dan Keagamaan (Studi Di Kelurahan Kali Balau Kencana Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung)

ANGGI, SAPUTRI (2022) Peran Organisasi Garuda Kali Balau Kencana Dalam Meningkatkan Solidaritas Masyarakat Kota Melalui Kegiatan Sosial Dan Keagamaan (Studi Di Kelurahan Kali Balau Kencana Kecamatan Kedamaian Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANGGI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Organisasi Garuda Kali Balau Kencana adalah organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosialdari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah Desa/Kelurahan yang berkembang di bidang kesejahteraan sosial, dibentuk untuk menumbuhkan dan mengembangkan setiap anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, agamis, inovatif dan berkarakter khususnya generasi muda. Dan berperan dalam meningkatkan solidaritas sosial setiap anggota masyarakat di Kelurahan Kali Balau Kencana secara terpadu, terarah, enyeluruh, serta berkelanjutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran organisasi Garuda Kali Balau Kencana dalam meningkatkan solidaritas masyarakat melalui kegiatan sosial dan keagamaan di Kelurahan Kali Balau Kencana serta Apakah faktor pendorong dan penghambat organisasi Garuda Kali Balau Kencana dalam meningkatkan solidaritas masyarakat melalui kegiatan sosial dan keagamaan di Kelurahan Kali Balau Kencana. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan sosiologis serta Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini peran organisasi Garuda Kali Balau Kencana dalam meningkatkan solidaritas masyarakat melalui kegiatan sosial dan keagamaan di Kelurahan Kali Balau Kencana adalah dengan memprogram kegiatan sosial dan keagamaan seperti bergotong royong, bakti sosial, memperingati hari besar nasional, bimbingan belajar anak-anak, senam aerobik. Dan kegiatan keagamaan yaitu yasinan, tadarusan, takziyah, peringatan hari besar islam (PHBI). Terciptanya solidaritas antar masyarakat disebabkan mereka terlibat dalam aktifitas yang sama yang tidak hanya melibatkan secara material melanikan secara fisik masyarakat terjun langsung ke lapangan berbaur menjadi satu. Faktor pendorong dalam meningkatkan solidaritas masyarakat yakni dukungan keluarga dan masyarakat. Faktor pendukung dari luar seperti membuka donasi kemudian hasil dari donasi tersebut direalisasikan dalam menjalankan kegiatan. Sedangkan faktor penghambat yaitu adanya pandemi covid-19 sehingga kegiatan harus di batasi karena harus mematuhi aturan pemerintah, kurangnya partisipasi masyarakat karena memiliki sifat individualistis, kurangnya wawasan karena anggota kebanyakan masih remaja sehingga pengetahuannya masih minim, kehadiran anggota organisasi yang sedikit karena kesibukan masing-masing anggota dengan kehidupan pribadi. Kata Kunci : Peran Organisasi Kepemudaan, Solidaritas Masyarakat, dan Kegiatan Sosial Keagamaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:44
Last Modified: 05 Jul 2022 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19706

Actions (login required)

View Item View Item