PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI RAUDHATUL ATHFAL AL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG

Yuliani, Y (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI RAUDHATUL ATHFAL AL-HIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

reativitas adalah salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Untuk meningkatkan kreativitas secara optimal, guru harus mampu memberikan pembelajaran kepada anak-anak secara baik dan benar, yaitu dengan adanya penggunaan metode di dalam kegiatan belajar mengajar sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi kepada anak. Tujuan penelitian dengan menggunakan metode proyek untuk mengetahui dan meningkatkan kreativitas anak di Raudhatul Athfal Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah “apakah melalui metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak di Raudhatul Athfal Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode observasi sebagai metode pokok, metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian serta metode wawancara untuk mengetahui sejauhmana tanggapan guru terhadap kreativitas dalam meningkatkan kreativitas anak. Penelitian yang dilakukan di Raudhatul Athfal Al-HikmahKedaton Bandar Lampung ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Dalam setiap siklusnya peneliti melaksanakan tiga kali pertemuan. Dari kegiatan dua siklus tersebut peneliti mendapatkan hasil yang sangat signifikan, yaitu meningkatnya kreativitas anak pada siklus I sebanyak 60% dan pada siklus II sebanyak 80%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat penulis simpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kreativitas anak di Raudhatul Athfal Al-HikmahKedaton Bandar Lampung dengan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan anak didik yang mana pada pra siklus penelitian diketahui anak didik yang mencapai standar penilaian berkembang Sangat baik hanya ada 3 anak saja atau (15%) dari semua anak didik yang berjumlah 20 anak. Kemudian pada siklus I anak yang memiliki kreativitas sangat baik bertambah menjadi 7 anak (35%) dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 16 anak didik atau 80% anak didik telah mencapai standar penilaian yang telah ditetapkan. Kata Kunci : Kreativitas Anak Usia Dini,Metode Proyek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Mar 2017 07:50
Last Modified: 02 Mar 2017 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item