ANALISIS PERBEDAAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MENGALAMI KEGAGALAN (COLLAPSE) DAN TIDAK MENGALAMI KEGAGALAN. (Studi pada Kantor Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mulya Jaya Mandiri Sidomulyo, Lampung Selatan dan KSPPS Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Fajar Sidomulyo, Lampung Selatan)

RENI, SETIAWATI (2022) ANALISIS PERBEDAAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MENGALAMI KEGAGALAN (COLLAPSE) DAN TIDAK MENGALAMI KEGAGALAN. (Studi pada Kantor Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mulya Jaya Mandiri Sidomulyo, Lampung Selatan dan KSPPS Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Fajar Sidomulyo, Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI SETIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu lembaga keuangan syariah yang popular di masyarakat adalah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) atau Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan syariah (KSPPS). Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan mikro berbasis simpan-pinjam dan pembiayaan syariah berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) menjadi salah satu keuangan syariah yang mempunyai peranan penting bagi para pelaku usaha mikro dan kecil. Peneliti menarik permasalahan mengenai Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dengan rumusan masalah sebagai berikut, yang pertama, apa saja faktor-faktor yang menyebabkan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mulya Jaya Mandiri Sidomulyo di Lampung Selatan mengalami kegagalan (collapse) dan apa saja langkah-langkah atau strategi yang dilakukan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Fajar Sidomulyo Lampung Selatan hingga bisa tetap berdiri sampai saat ini? Yang kedua, bagaimana manajemen resiko pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mulya Jaya Mandiri Sidomulyo di Lampung Selatan dan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Fajar Sidmulyo Lampung Selatan? dan yang terakhir, Bagaimana penerapan manajemen resiko dalam Islam pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mulya Jaya Mandiri Sidomulyo di Lampung Selatan dan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Fajar Sidomulyo Lampung Selatan, sudahkah sesuai dengan perspektif Islam? Pada prakteknya Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) ini banyak juga yang mengalami kebangkrutan, khususnya di Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penyebab banyaknya Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Provinsi Lampung yang mengalami kebangkrutan (Collapse). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara yang terdiri dari unsur pelaku Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) yang masih bertahan, unsur pelaku Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) yang sudah bangkrut, nasabah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), dan unsur pemerintah terkait, untuk mengkonfirmasi keakuratan data yang telah didapat dari hasil wawancara. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pola manajemen resiko Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) yang dinilai buruk, serta pengetahuan dan keterampilan para pengawas, pengurus dan karyawan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) yang masih kurang memadai terkait lembaga keuangan syariah, menjadi faktor utama banyaknya Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Lampung tidak mampu beroperasi lagi. Oleh karena itu, pembenahan diberbagai lini dan perangkat Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) agar segera dilakukan agar system pengelolaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) menjadi lebih baik. Kata kunci: BMT, Lembaga Keuangan Syariah, Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:25
Last Modified: 05 Jul 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item View Item