IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI RA AL HIDAYAH GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG

Pipit, Martalena (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI RA AL HIDAYAH GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi di RA Al Hidayah Gunung Sulah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian case study, dan holistic single of analysis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dan luring di RA Al Hidayah Gunung Sulah sudah terlaksana dengan cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki beberapa fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah menyiapkan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan cukup baik, dengan menggunakan media pembelajaran, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Dalam proses pembelajaran daring dan luring memiliki fleksibilitas tersendiri dalam proses pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu dalam proses pembelajaran orang tua siswa dituntut untuk dapat mendapingi putra/i nya pada saat melakukkan pembelajaran daring. Namun, pembelajaran memiliki kendala dalam pelaksanaannya. Dalam pembelajaran daring kendala yang dihadapi yaitu kondisi jaringan yang tidak stabil, kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran, tidak memahami penggunaan aplikasi. Sedangkan pembelajaran luring kendala yang dihadapi yaitu pembatasan waktu pembelajaran yang terlalu singkat, dan pembatasan jumlah peserta didik. Kata Kunci: Pembelajaran pada masa pandemi iii ABSTRACT This study aims to describe the implementation of online and offline learning during the pandemic at RA Al Hidayah Gunung Sulah Bandar Lampung. This research is a qualitative research with a case study research design, and a holistic single of analysis. The data collection techniques used in this study used observation, interviews and documentation. The results of this study illustrate that the implementation of online and offline learning at RA Al Hidayah Gunung Sulah has been carried out quite well, students and teachers already have some of the basic facilities needed, this illustrates the readiness in the process of implementing learning during the pandemic. In the implementation of learning the teacher has prepared a lesson plan and has carried out the learning quite well, using learning media, learning methods and approaches that are adapted to students. In the online and offline learning process, they have their own flexibility in the implementation process and are able to encourage teachers to be more creative in teaching. In addition, in the learning process, parents are required to be able to accompany their children when doing online learning. However, learning has obstacles in its implementation. In online learning, the obstacles faced are unstable network conditions, difficulties for students to understand learning material, not understanding the use of applications. While offline learning the obstacles faced are the limitation of learning time that is too short, and the limitation of the number of students. Keywords: Learning during a pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:59
Last Modified: 04 Jul 2022 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19690

Actions (login required)

View Item View Item