MANAJEMEN KURIKULUM 2013 (K -13) PADA PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’RUF MARGODADI KABUPATEN TANGGAMUS 2020/2021

AHMAD, WAHYUDI (2022) MANAJEMEN KURIKULUM 2013 (K -13) PADA PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’RUF MARGODADI KABUPATEN TANGGAMUS 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skipsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skipsi AHMAD WAHYUDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN KURIKULUM 2013 (K -13) PADA PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’RUF MARGODADI KABUPATEN TANGGAMUS Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Dalam penelitian ini penulis fokus tentang pembelajaran Fiqh dalam kurikulum 2013. Pendidikan agama di sekolah sangatlah penting karena agama berperan di dalam kehidupan manusia. Agama menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan baik jasmani, rohani maupun social. Menurut UU SISDIKNAS No. 20. Tahun 2003 pasal 1 ayat 1, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaam, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Untuk itulah pendidikan agama dimasukkan dalam salah satu matapelajaran yang harus diterima oleh siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1.) perencanaan kurikulum pada pembelajaran fiqh, 2.), pelaksanaa kurikulum 2013 pada pembelajaran fiqh, 3.) evaluasi kurikulum 2013 pada pembelajaran fiqh. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu suatu metode dalam meneliti suatu objek yang bertujuan membuat deskripsi. Data penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi. Dan uji keabsahan data pada penelitian ini penulis menggunakan triangulasi, yaitu teknik memeriksa data tersebut bagi keperluan pengecekan atau sebagai bahan pembanding terhadap data penelitian Hasil penelitian ini menunjukan dalam perencanaan pembelajaran seluruh tenaga pendidik yang ada di sekolah MTs Al-Ma’ruf Margodadi Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus, khususnya guru mata pelajaran Fiqih selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, mereka selalu membuat silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum 2013 ini sudah menerapkan 5 M, yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. guru fiqih sudah memberikan variasi dalam pengajaran dengan pengantar media yang berbeda sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 bahwa TIK sebagai pengantar pembelajaran dengan media film, vidio, gambar, serta penyampaian materi menggunakan berbagai metode variatif,. Sedangkan evaluasi dilakukan terhadap 3 aspek sasaran, yakni aspek sikap , pengetahuan dan ketrampilan. Kata kunci:, perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran kurikukum 2013 iii ABSTRACT MANAGEMENT CURRICULUM 2013 (K -13)IN FIQH LEARNING IN MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’RUF MARGODADI TANGGAMUS DISTRICT The curriculum has a central position in the entire of the educational process. The curriculum directs all forms of educational activity in order to achieve educational goals. In this research, the writer focus on learning Fiqh in the 2013-curriculum. The Educational Religion in the school is very important for the students because religion plays a role in human life. Religion guarantees a happiness, physical, spiritual and social values. According to the National Education System Law No. 20. 2003 of the article 1 at paragraph 1, the education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential to have religious spiritual strength, self-control, personality, intelligence, noble character, and the necessary skills for themselves, their society, their nation and their state. Because of those reasons, the Educational Religion is included in the one of the subjects that must be accepted by the students, This research aims to find out about 1.) curriculum planning in fiqh learning, 2.), 2013- curriculum implementation in fiqh learning, 3.) 2013-curriculum evaluation in fiqh learning. This research is the descriptive analysis, which is a method by researching an object that aims to make a description. The research data of this research used primary and secondary data. Meanwhile, the collecting data of this research used several methods, namely: the interview, the observation, and the documentation. The writer used triangulation for data validity test of this research, which is a technique for checking purposes or as a comparison of the data research. The results of this research indicate that in the learning plan of all teachers in the Al-Ma'ruf Margodadi, Sumber Rejo District, Tanggamus Regency, especially the Fiqh teachers always prepare learning tools well, they always make syllabus and lesson plans. The implementation of learning in the 2013-curriculum has implemented 5 M, namely observing, asking, exploring, associating, and communicating. The fiqh teachers have provided variations of learning methods in the learning and teaching process by using the different media that according to the demands of the 2013-curriculum that is mentioned that technology (TIK) is the way to create a good learning and teaching process by using some media such as films, videos, pictures, and the other various methods. Meanwhile, the evaluation was carried out on 3 aspects of the target, namely the aspects of knowledge, the attitudes, and the skills. Keywords: planning, implementation, and evaluation of 2013 curriculum learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:58
Last Modified: 04 Jul 2022 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item View Item