PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI MAN 1 LAMPUNG BARAT

Sutiawan, Suhada (2022) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMOTIVASI GURU DI MAN 1 LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SUTIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kepala madrasah dalam memotivasi guru merupakan hal yang sangat penting bagi keberhasilan suatu tujuan dalam lembaga pendidikan, Kepala madrasah merupakan seseorang yang diberi tugas oleh bawahan nya untuk memimpin suatu madrasah dimana didalam madrasah diselenggarakan proses belajar mengajar didalam menjalankan tugas nya kepala madrasah bertanggung jawab terhadap kualitas sumber daya manusia yang ada. peran kepala madrasah dalam memotivasi guru harus mampu mendorong kepada bawahan nya agar tercipta situasi dan kondisi belajar yang efektif, kepala madrasah sangat dituntut untuk mempengaruhi guru agar melaksanakan tugas�tugasnya secara profesional, Sebagaimana guru adalah kunci utama untuk meningkatkan kinerja siswa karena guru yang berinteraksi langsung dengan siswa untuk menyampaikan pengetahuan sekaligus mendidik nilai-nilai positif melalui bimbingan dan teladannya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa keberhasilan siswa bergantung pada kinerja guru yang terbaik . Atas dasar itu maka sebagai tujuan penelitian penulis adalah untuk mengetahui “Bagaimana peran kepala madrasah dalam memotivasi guru di MAN 1 Lampung Barat”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian kepala madrasah, waka bidang kurikulum, bidang sarana dan prasarana dan 2 guru. Sedangkan objek penelitian ini adalah peran kepala madrasah dalam memotivasi guru di MAN 1 Lampung Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis paradigma kualitatif yang cenderung bersifat deduktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam memotivasi guru di MAN 1 Lampung Barat selama ini sudah cukup baik, yaitu : 1) Kepala madrasah melakukan penataan lingkungan fisik yang sesuai dengan kondisi madrasah untuk menciptakan kenyamanan, 2) Kepala madrasah membangun hubungan yang harmonis atau suasana kerja yang kondusif, 3) kepala madrasah memberikan contoh yang baik dan kedisiplinan dalam bekerja, 4) Kepla madrasah mendengarkan dan merespon masalah-masalah yang dihadapi para guru dan warga madrasah, 5) Kepala madrasah memberikan penghargaan kepada guru dan warga madrasah yang berkinerja baik, 6) Kepala madrasah menyediakan sumber atau media belajar sesuai kebutuhan. Kata Kunci : Kepala Madrasah, Motivasi iii ABSTRACT The role of the head of the madrasa in motivating teachers is very important for the success of a goal in educational institutions, the head of the madrasa is someone who is given the task by his subordinates to lead a madrasa where in the madrasa the teaching and learning process is held in carrying out his duties the head of the madrasa is responsible for the quality existing human resources. The role of the principal in motivating teachers must be able to encourage their subordinates to create effective learning situations and conditions, the principal of the madrasa is strongly required to influence teachers to carry out their duties professionally, as teachers are the main key to improving student performance because teachers interact directly with students to convey knowledge while educating positive values through his guidance and example. Therefore, it can be said that the success of students depends on the performance of the best teachers. On that basis, the author's research objective is to find out "How is the role of the madrasa principal in motivating teachers at MAN 1 West Lampung". This study uses a descriptive qualitative approach. With the research subject is the head of the madrasa, the deputy head of the curriculum, the field of facilities and infrastructure and 2 teachers. While the object of this research is the role of the principal in motivating teachers at MAN 1 West Lampung. Data collection techniques used in this study are observation, interviews and documentation. The researcher uses a qualitative paradigm analysis which tends to be deductive in nature. The results of this study indicate that the role of the madrasah principal in motivating teachers at MAN 1 West Lampung has been quite good, namely: 1) the madrasa principal arranges the physical environment according to the madrasa condition to create comfort, 2) the madrasa principal builds a harmonious relationship or a conducive work atmosphere, 3) the principal of the madrasa provides a good example and discipline in work, 4) the principal listens and responds to the problems faced by teachers and madrasah residents, 5) the principal gives awards to teachers and madrasa residents who perform good, 6) The principal provides learning resources or media as needed. Keywords: Principal, Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 05:15
Last Modified: 04 Jul 2022 05:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19682

Actions (login required)

View Item View Item