SELSA, OKTAVIA (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PELAJARAN PAI TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DISMAN 01 SIMPANG PEMATANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran PAI terhadap kemandirian belajar siswa di SMAN 01 Simpang Pematang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitia ini adalah Quasi Eksperimen , Metode penelitian yang digunakan adalah Metode kuantitatif dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI, Sampel yang di ambil dengan teknik purposive sampling , peserta didik kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen, teknik pengambilan sampel menggunakan instrumen pengumpulan data yang berupa angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran PAI terhadap kemandirian belajar siswa di SMAN 01 Simpang Pematang, Berdasarkan analisis data nilai angket kemandirian pada kelas eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji hipotesis one way anova diketahui nilai sig = 0.000 ≤ 0.005, jadi disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran PAI terhadap kemandirian belajar siswa di SMAN 01 Simpang Pematang. Setelah adanya pembelajaran berbasis proyek diharapkan peserta didik dapat lebih mudah memahami materi dan dapat menciptakan lapangan usaha baru. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemandirian Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:37 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 04:37 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19681 |
Actions (login required)
View Item |