PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

RISA, OKTARIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya hasil belajar PAI yaitu kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran PAI. Pada pembelajaran PAI peserta didik kurang termotivasi dan berpikir kritis terhadap penyampaian materi pembelajaran. Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman materi pembelajaran PAI yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model Contextual Teaching and Learning agar peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X Ipa Di SMA Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas X Ipa SMA Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah keputusan = 6,693 > = 0,000 dengan demikian Ho ditolak dan Ha terima. Maka berdasarkan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X Ipa Di SMA Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:30
Last Modified: 04 Jul 2022 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19680

Actions (login required)

View Item View Item