PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (STUDI DI SMP NEGERI 7 TULANG BAWANG BARAT)

ARYADI, AHMAD RASYID (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (STUDI DI SMP NEGERI 7 TULANG BAWANG BARAT). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PAI MELAUI METODE SAINTIFIK (STUDI DI SMP NEGERI 7 TULANG BAWANG BARAT) Oleh : Aryadi Ahmad Rasyid Pembelajaran dengan menanamkan nilai-nilai karakter melalui metode saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik bagai mana cara mengolah dan mengatur bersikap atau bertingkah laku dan secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data ddengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat. Rumusan maslah dari penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI melalui metode saintifik (studi di SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI melalui metode saintifik (studi di SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat). Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI melalui metode saintifik (studi di SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat). Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menurut miles dan humberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa enanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI melalui metode saintifik (studi di SMP Negeri 7 Tulang Bawang Barat) belum berjalan dengan baik dilihat dari belum terlaksananya beberapa tahapan metode saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Perlu adanya kreatifitas dan peningkatan iii kualitas dari setiap guru PAI dalam mengajar sehingga dapat memaksimalkan penanaman nilai-nilai karakter melelui metode saiintifik. Kata Kunci : Penanaman Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PAI melalui metode saintifik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:56
Last Modified: 04 Jul 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19676

Actions (login required)

View Item View Item