PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMPN SATU ATAP 1 SUKAU

FITRI, YANA (2022) PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA DI SMPN SATU ATAP 1 SUKAU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRI YANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siswa adalah individu yang rentan melakukan peyimpangan�penyimpangan dalam masa perkembangannya. Bahkan tidak sedikit siswa yang membiarkan penyimpangan tersebut melekat dalam dirinya hingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang tidak baik dan dapat mengganggu proses pembelajarannya. Salah satu penyimpangan yang banyak dilakukan siswa adalah prokrastinasi akademik yang dapat mengakibatkan menurunnya hasil belajar PAI. Dukungan orang tua merupakan salah satu faktor yang bisa membantu menunjang pendidikan anak serta meminimalisir prokrastinasi akademik, namun banyak orang tua yang tidak memahami kewajiban mereka dalam mendidik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang berjenis ex-post facto yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa SMP Negeri Satu Atap 1 Sukau dengan jumlah 59 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Sistematis dan diperoleh 30 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS IBM 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif sifgnifikan antara prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif antara dukungan orang tua terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar PAI dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan kontribusi variabel prokrastinasi akademik dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar PAI sebesar 56,5% sehingga 43,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademik maka akan semakin rendah hasil belajar PAI, dan semakin tinggi dukungan orang tua maka semakin tinggi pula hasil belajar PAI. Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik; Dukungan Orang Tua; Hasil Belajar PAI. iii ABSTRACT Students are individuals who are prone to making deviations during their development. Not even a few students allow these deviations to stick in them until it eventually becomes a bad habit and can interfere with the learning process. One of the deviations that many students make is academic procrastination which can lead to a decrease in PAI learning outcomes. Parental support is one of the factors that can help support children’s education and minimize academic procrastination, but many parents do not understand their obligations in educating their children. The purpose of this study was to determinate whether there was a significant effect between academic procrastination and parental support on student PAI learning outcomes. The research method used is an ex-post facto quantitative method that is correlational. The population in this study were all students of SMPN Satu Atap 1 Sukau with a total of 59 students. The sampling technique used is Systematic Sample and obtained 30 students as a sample. Data collection techniques in this study were interviews, questionnaires and documentation. The analytical technique used is multiple linear regression analysis with the help of the SPSS IBM 23 application. The results showed that there was a significant negative effect between academic procrastination on PAI learning outcomes with a significance value of 0,009 < 0,05. While the results of the study showed that there was a positive influence between parental support on PAI learning outcomes with a significance value of 0,001 < 0,05. And there is a significant effect between academic procrastination an parental support on PAI learning outcomes with a significance value of 0,000 < 0,05, with the contribution of aca demic procrastination variables and parental support on PAI learning outcomes by 56,5% so 43,5% is influenced by other variables outside of this study. It can be said that the higher the level of academic procrastination, the lower the PAI learning outcomes, and the higher the parental support, the higher the PAI learning outcomes. Keywords: Academic Procrastination; Parental Support; PAI Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:36
Last Modified: 04 Jul 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19673

Actions (login required)

View Item View Item