PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE(PREDICT�DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 BUAY BAHUGA

DANIA, AYU INDAH SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE(PREDICT�DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 BUAY BAHUGA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik jarang sekali menjadi perhatian pendidik. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang masih berpusat kepada pendidik serta kurangnya kemandirian belajar peserta didik dalam mempelajari matematika. Akibatnya peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajran untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dengan desain faktorial 2x3. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Buay Bahuga, untuk sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII.1 (kelas eksperimen) dan kelas VII.4 (kelas kontrol) dengan teknik pengambilan sempel yaitu secara acak (cluster random sampling). Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji analisis yang digunakan adalah uji analisis variansi (ANAVA) two way. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan uji anava duajalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran PDEODE terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran PDEODE dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. iv Kata Kunci : Model Pembelajaran PDEODE, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:26
Last Modified: 04 Jul 2022 03:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item View Item