EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA ZOOM PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG

Annisa, Najlatus Sholiha (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA ZOOM PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan media zoom dalam pembelajaran Fiqih kelas VIII terhadap meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kondisi pembelajaran saat ini dilaksanakan dengan sistem daring yang disebabkan oleh adanya virus Covid-19 yang masuk ke Indonesia. Adanya sistem pembelajaran daring menjadi hal yang baru bagi pendidik dan peserta didik sehingga banyak menimbulkan respon dan hambatan dalam melaksanakan pembelajarannya yang terlihat pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggambarkan efektivitas pembelajaran terhadap meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan media zoom pada mata pelajaran Fiqih. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini mengambil latar belakang SMP Qur’an Darul Fattah Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pembelajaran Fiqih di SMP Qur’an Darul Fattah Rajabasa Bandar Lampung menggunakan media zoom. Proses pembelajaran menggunakan zoom dilaksanakan pendidik di lingkungan sekolah dengan menggunakan fasilitas komputer dan jaringan internet yang dapat tersambung untuk melaksanakan pembelajaran bersama peserta didik menggunakan zoom. Pembelajaran menggunakan zoom memberikan hasil yang cukup efektif karena pembelajaran ini sebagai suasana baru bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat menggunakan sumber belajar lain selain guru dan juga buku paket. Namun dalam pembelajaran Fiqih menggunakan zoom ini juga menjadi tantangan bagi para pendidik untuk dapat memberikan materi ajar dengan jarak jauh. Hal tersebut dapat menjadi kesulitan para pendidik karena sulit untuk mengontrol peserta didik. Tetap dengan adanya hal tersebut para pendidik menemukan solusinya yakni menggunakan media pembelajaran secara bervariasi dan dapat mengembangkannya. Sehingga respon yang dikeluarkan dari peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media iv zoom. Hasil penelitian di atas jika dilihat dari ulangan semster ganjil dengan ualangan semseter genap peserta didik kelas VIII meningkat. Hal ini menunjukkan tingkat efektivitas pembelajaran Fiqih menggunakan media zoom belum efektif meskipun hasil belajar peserta didik meningkat, namun masih belum mencapai optimal hasil belajar saat pembelajaran tatap muka. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Fiqih, Hasil Belajar, Media Zoom v ABSTRACT The background of this research is how the effectiveness of using zoom media in class VIII Fiqh learning is to improve student learning outcomes. The current learning conditions are carried out with an online system caused by the Covid-19 virus that entered Indonesia. The existence of an online learning system is a new thing for educators and students so that it causes many responses and obstacles in carrying out their learning which can be seen in student learning outcomes. This study describes the effectiveness of learning to improve student learning outcomes using zoom media in Fiqh subjects. The type and nature of this research is descriptive qualitative. This type of research takes the background of Darul Fattah Rajabasa Junior High School in Bandar Lampung. This study uses data collection techniques using the methods of Observation, Interview, and Documentation. The results of this study indicate that the Fiqh learning process at Darul Fattah Rajabasa Junior High School Bandar Lampung uses zoom media. The learning process using zoom is carried out by educators in the school environment by using computer facilities and internet networks that can be connected to carry out learning with students using zoom. Learning using zoom gives quite effective results because this learning is a new atmosphere for students so that students can use other learning resources besides teachers and textbooks. However, in learning Fiqh using this zoom, it is also a challenge for educators to be able to provide teaching materials remotely. This can be a problem for educators because it is difficult to control students. Still with this, educators find a solution, namely using various learning media and being able to develop them. So that the responses issued from students become more active and enthusiastic in participating in learning using zoom media. The results of the research above, when viewed from the odd semester test with the even semester test, the class VIII students increased. This shows that the effectiveness of Fiqh learning using zoom media has not been vi effective, although student learning outcomes have increased, but still have not achieved optimal learning outcomes during face-to-face learning. Keywords: Effectiveness, Fiqh Learning, Learning Outcomes, Zoom Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:52
Last Modified: 04 Jul 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19668

Actions (login required)

View Item View Item