PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI

TIARA, SISKA (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIARA SISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku cerita bergambar berbasis lingkungan hidup dilakukan penulis berdasarkan potensi dan masalah yang ada di sekolah yakni perlu adanya inovasi pembaharuan bahan ajar yang digunakan di sekolah pada saat proses belajar mengajar. Proses pembelajaran membaca jika hanya menggunakan buku tulis saja cenderung membuat proses belajar menjadi kurang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan bagaimana mengembangkan mengembangkan buku cerita bergambar berbasis lingkungan hidup dan menghasilkan media yang valid. Adanya media pembelajaran diharapkan dapat sangat membantu proses belajar mengajar disekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengembangkan bahan ajar buku cerita bergambar dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan langkah�langkah: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Simpang Sari Lampung Barat dan SDN 3 Way Petai Lampung Barat. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan ahli bahasa untuk melihat kevalidan dari buku cerita bergambar yang dikembangkan. Adapun angket respon pendidik, serta angket respon peserta didik untuk melihat kemenarikan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar berbasis lingkungan hidup. Berdasarkan penilaian ahli materi dihasilkan skor rata-rata sebesar 85,88% dengan kategori penilaian sangat valid, berdasarkan penilaian ahli media dihasilkan skor rata-rata sebesar 80,55% dengan kategori sangat valid dan ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 85,45% dengan kategori sangat valid. Adapun skor rata�rata yang dihasilkan dari penilaian respon pendidik adalah sebesar 90%, serta skor rata-rata penilaian respon pesrta didik dari dua uji coba yakni skala kecil dan skala besar adalah sebesar 93,39% dengan kategori kemenarikan yakni sangat menarik. Adapun melihat keseluruhan respon validator, respon pendidik serta respon peserta didik buku cerita bergambar berbasis lingkungan hidup kelas II SD/MI dinyatakan sangat valid untuk digunakan. Kata kunci: buku cerita bergambar, pendidikan lingkungan hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:14
Last Modified: 04 Jul 2022 02:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item View Item