PANDANGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PEROLEHAN HARTA TERHADAP JANIN DALAM KANDUNGAN (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara)

INDRI, ANJARTI (2022) PANDANGAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TENTANG PEROLEHAN HARTA TERHADAP JANIN DALAM KANDUNGAN (Studi Kasus di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI INDRI ANJARTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Janin atau calon bayi merupakan anugerah yang diberikan allah kepada makhluknya, untuk melengkapi kesempurnaan sebuah keluarga. Hak janin bukan hanya terdapat pada hak untuk hidup saja namun juga terdapat hak waris yang akan diperoleh oleh janin itu ketika ia sudah lahir dan ada tanda-tanda hidup. Banyaknya hak-hak yang akan diperoleh janin, maka dalam penulisan skripsi ini penulis hanya akan memaparkan beberapa hak-hak janin, yaitu seperti pada hak waris yang akan diperoleh janin. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1).Bagaimana hak keperdataan janin dalam perolehan waris di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara? 2).Bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum Positif tentang hak keperdataan janin dalam perolehan waris di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara?. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif analisis, dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada masyarakat yang melakukan pemberian waris bagi anak yang masih dalam kandungan, data sekunder yang diperoleh dari buku-buku yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini ialah beberapa masyarakat yang melakukan pemberian waris kepada anak yang masih dalam kandungan di Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara. Analisis dengan melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode cara berfikir induktif. Hasil penelitian ini ialah Pemberian waris bagi anak dalam kandungan di kelurahan Tanjung Harapan ialah memastikan jenis kelamin dari si calon Bayi, agar dapat memperkirakan berapa warisan yang akan diberikan sesuai dengan jenis kelamin bayi, kemudian memusyawarahka agar tidak ada permasalahan dikemudian harinya. Alasan memberikan warisan saat bayi masih dalam kandungan adalah untuk mempersiapkan lebih dini hal-hal yang diperlukan nantinya sebelum anaknya lahir, serta sebagai bekal anaknya di masa depan. iv Pandangan hukum Islam dan hukum positif dalam pemberian waris bagi anak dalam kandungan di kelurahan Tanjung Harapan, proses pembagian waris bagi anak dalam kandungan di sah kan menurut hukum Islam salama prakteknya adil, dan sesuai. dalam hukum Islam, sudah diatur secara bahwa janin bisa mendapatkan hak warusnya. Sedangkan, menurut hukum positif yang menempatkan kedudukan janin menggantikan ahli waris untuk mendapatkan warisan, yang didasarkan pada beberapa alasan yang ditentukan dalam hak waris adalah hak yang berdiri sendiri yang dapat dijual (pasal 1537 KUHpdt), hak waris dapat diberikan sebagai hak memungut hasil atas barang peninggalan (pasal 957 KUHpdt). Dengan begitu, janin yang masih ada dalam kandungan berhak dan boleh mendapatkan warisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:21
Last Modified: 01 Jul 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item