MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI PONDOK PESANTREN USHULUDDIN DESA BELAMBANGAN KECAMATAN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN

RASINAH, R (2022) MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH DI PONDOK PESANTREN USHULUDDIN DESA BELAMBANGAN KECAMATAN PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RASINAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengoorganisasian. Pengoorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efesien dan efektif. Dalam akhlak merupakan suatu ajaran islam membina mental dalam diri individu dan jiwa yang ada pada seseorang manusia untuk mencapai sesuatu hakekat manusia yang tertinggi dibanding dengan yang lain, membahas dan memahami penting-penting nya akhlak itu sendiri. yang menjadi timbulnya masalah yang ada di Pondok Pesantren Ushuluddin Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan ini adalah terjadinya kurang terbentuknya akhlak baik yang terdapat pada diri setiap santri, seperti melanggar tata tertib yang berlaku dan lain sebagainya. Dalam hal ini peneliti mengamati bagaimana metode pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah dan faktor penghambat dan pendorong pembinaan santri di Pondok Pesantren Ushuluddin Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. Dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembinaan santri dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam pembinaan santri. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah, penelitian inijuga menggunkan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Data primer diperoleh langsung dari pengurus pondok pesantren mengenai metode pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah, sedangkan data sekunder berupa struktur organisasi kepengurusan, dokumen, laporan-laporan,buku-buku, jurnal, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di Pondok Pesantren Ushuluddin Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan pimpinan dan pengurus telah berperan dalam membina akhlak santri hal ini yang dilakukan dengan menggunakan tindakan yang di lakukan oleh pimpinan dan pengurus pondok pesantren dengan menggunakan metode Uswah (Teladan), metode Mau’izhah (Nasehat), metode Ta’Widiyah (Pembiasaan), metode hafalan, dan metode pembinaan dan pengawasan, metode ganjaran atau hukuman yang dilakukan untuk menciptkan nilai-nilai yang tertanam dalam diri setiap santri serta etika di lingkungan pondok pesantren maupun di lingkungan masyarakat namun upaya tersebut belum semuanya secara optimal, masih adanya santri yang belum sesuai dengan apa yang di harapkan. Dikarenakan masih adanya santri yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan peraturan dan nilai-nilai ajaran islam yang ada pondok pesantren ushuluddin. Berdasarkan hasil yang dikumpulkan analisis data dapat disimpulkan bahwa mengenai manajemen pembinaan santri dalam membentuk akhlakul karimah di Pondok Pesantren Ushuluddin Desa Belambangan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan dalam membina sudah cukup baik, namun catatan masih ada beberapa santri yang belum bisa mengaplikasin metode pembinaan ini. Kata Kunci “Manajemen, Pembinaan Akhlak”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:21
Last Modified: 01 Jul 2022 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19650

Actions (login required)

View Item View Item