IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Mardhotillah, Az-zahra (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of MARDHOTILAH FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam menerapkan pendidikan karakter, Madrasah Aliyah Al�Hikmah Bandar Lampung menjadikan visi-misi sebagai pedoman. Hal ini terjadi karena, visi-misi madrasah ini sudah mencakup dari keseluruhan karakter baik karakter secara dianjurkan agama maupun karakter yang dianjurkan pemerintah madrasah ini juga merupakan madrasah berbasis pondok pesantren yang dalam visi-misinya yaitu menyelenggarakan pendidikan berbasis pondok pesantren yang berkualitas dan berkarakter. Tetapi pada kenyataannya pendiidkan karakter yang ada belum sepenuhnya mencerminkan visi-misi di madrasah tersebut. Akibatnya proses penerapan pendidikan karakter menjadi terhambat. Oleh karena itu dalam membangun karakter di madrasah perlu adanya kegiatan manajemen pendidikan karakter yang baik. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui implementasi manajemen pendidikan karakter siswa di salah satu sekolah menengah atas yaitu Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung. Pertanyaan utama yang ingin dijaeab melalui penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter siswa di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung? Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori dari Agus Wibowo, Doni Koesoema, Thomas Lickona, Mulyasa dan Novan Ardy Wiyani. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, dimana penulis melakukan penelitian secara langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan mengumpulkan data. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah sifatnya kualitatif. Selain itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Sumber data dalam skripsi ini ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Adapun sumber dari data tersebut adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Sarana Pra Sarana, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Guru Akidah Akhlak, Guru Fiqih, Guru Ushul Fiqih, Guru Ekonomi, Guru Bahasa Arab, Guru Bahasa Inggris, Guru Bahasa Indonesia, Guru Sejarah dan untuk penambahan data pada analisis data dilakukan wawancara terhadap guru berjumlah 7 Guru. Selanjutnya teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Pertama, dalam mengelola perencanaan pendidikan karakter melalui pengembangan kurikulum dengan cara memadukan kurikulum pemebalajaran pesantren , muatan lokal, dengan kurikulum pembelajaran dari kementrian Agama, menyusun program kegiatan iv dan pengintegrasian. Kedua, pengorganisasian di Madrash Aliyah Al�Hikmah Bandar Lampung dengan pembagian tugas sesuai dengan bidangnya melibatkan guru-guru yang dianggap kompeten agar program-program dapat dilaksanakan dengan baik sebelum menentukan tugas dilakukan rapat dan adanya job description antara waka kurikulum, waka kesiswaan dan guru-guru yang dianggap kompeten. Ketiga, Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung mengikuti 18 indikator yang dikembangkan dalam kurikulum pembelajaran. Dalam melaksanakan nilai-nilai karakter tersebut digunakan empat strategi yaitu mengintegrasikan pendidikan karakter pada semua mata pelajaran, mengintegrasikan pendidikan karakter pada kegiatan sehari-hari di sekolah, mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam kegiatan yang telah diprogramkan, dan membangun komunikasi kerja sama antar sekolah dengan orang tua peserta didik. Keempat, pengevaluasian dilakukan melalui 4 tahapan yaitu pertama evaluasi melalui pengamatan atau pengawasan dan evaluasi secara tertulis seperti guru memiliki pedoman penilaian sendiri setiap wali kelas diberi laporan pelanggaran terkait sikap untuk menjadi bahan evaluasi, yang kedua melalui rapat kenaikan kelas dilakukan bersama kepala madrasah dan guru yang membahas evaluasi pendidikan karakter yang ketiga d ilihat dari penilaian hasil akhir atau rapornya untuk melakukan penilaian program pendidikan karakter berdasarkan akumulasi siswa atau santri selama satu semester dan keempat berpacu pada tata tertib. Kata Kunci: Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter v ABSTRACT In implementing character education, Madrasah Aliyah Al�Hikmah Bandar Lampung uses vision-mision as guidelines. This happens because, the visions and missions of this madrasa have covered all of the characters, both religiously recommended and the characters recommended by the government. This madrasa is also a boarding school-based madrasa which in its vision and mission is to provide quality and character-based Islamic boarding school education. But in reality the existing character education does not fully reflect the vision and mission of the madrasa. As a result, the process of implementing character education is hampered. Therefore, in building character in madrasas, it is necessary to have good character education management activities. This study is an attempt to determine the implementation of student character education management in one of the senior high schools, namely Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung. The main question to be answered through this research is how is the implementation of student character education management at Madrasah Aliyah Al�Hikmah Bandar Lampung? In this study, the authors use the theory of Agus Wibowo, Doni Koesoema, Thomas Lickona, Mulyasa and Novan Ardy Wiyani. This research is a field research, where the author conducts research directly to the location to obtain and collect data. This research was carried out in the field to examine the qualitative nature of the problem. In addition, to answer these questions, the researchers used a qualitative description approach. There are two sources of data in this thesis, namely: primary data and secondary data. The sources of the data are the Head of School, Deputy Head of Curriculum and Facilities, Citizenship Education Teachers, Akhlak Teachers, Fiqh Teachers, Usul Fiqh Teachers, Economics Teachers, Arabic Language Teachers, English Teachers, Indonesian Language Teachers, History Teachers and to add data to the data analysis, interviews were conducted with 7 teachers. Furthermore, data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The results obtained from this study are: First, in managing character education planning through curriculum development by combining the pesantren learning curriculum, local content, with the learning curriculum from the Ministry of Religion, compiling an activity program and integrating it. Second, the organization at Madrash Aliyah Al-Hikmah Bandar vi Lampung with the division of tasks according to their fields involves teachers who are considered competent so that programs can be implemented properly before determining the task of conducting meetings and a job description between the waka curriculum, waka student and teachers- competent teachers. Third, the implementation of character education at Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung follows 18 indicators developed in the learning curriculum. In implementing these character values, four strategies are used, namely integrating character education in all subjects, integrating character education in daily activities at school, integrating character education into programmed activities, and building collaborative communication between schools and parents. learners. Fourth, the evaluation is carried out through 4 stages, namely the first evaluation through observation or supervision and written evaluation, such as the teacher having his own assessment guide, each homeroom teacher is given a report of violations related to attitudes to be used as evaluation material, the second is through a class promotion meeting held with the head of the madrasa and teachers who discusses the third evaluation of character education seen from the assessment of the final results or report cards to assess character education programs based on the accumulation of students or students for one semester and fourth based on the rules. Key Word: Character building, Mangement Implementation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:10
Last Modified: 01 Jul 2022 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item