EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR

Puspa, Dwi Wahyu Ning Tiyas (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN PAI KELAS X DI SMA NEGERI 1 LABUHAN RATU LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi Puspa Dwi Wahyu Ning Tiyas.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran di kelas, sebuah model pembelajaran amat penting dalam meningkatkan kreatifitas peserta didik. Namun demikian, faktanya di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur, masih menggunakan model pembelajaran Konvensional yang cenderung monoton. Oleh sebab itu guru belum bisa menguasai model pembelajaran yang kekinian, pada akhirnya menghasilkan nilai hasil belajar siswa rendah. Padahal model pembelajaran Advance Organizer bisa dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran Advance Organizer dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat keefektifan model pembelajaran Advance Organizer terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur berjumlah 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen, 30 siswa kelas kontrol. Dilihat dari jumlah siswa pada kelas eksperimen terdiri dari laki-laki berjumlah 13 siswa dan perempuan berjumlah 17 siswa. Sedangkan pada kelas kontrol laki-laki berjumlah 12 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes. Instrument tes dalam penelitian ini berbentuk tes essay. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur. Didasarkan pada hasil penelitian pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan =0,05 dengan derajat kebebasan 76, pada kemampuan hasil belajar siswa pada materi Akidah Akhlak diperoleh nilai t hitung 3,7379, dan nilai t tabel =1,6715, materi Sejarah Kebudayaan Islam diperoleh nilai t hitung 3,7379, dan nilai t tabel =1,6715, materi Fiqih diperoleh nilai t hitung 4,4168, dan nilai t tabel =-1,6715, materi Al-Qur‟an Hadist diperoleh nilai t hitung 8,1489, dan nilai t tabel =-1,6715, karena t hitung > t tabel maka hipotesis diterima. Oleh karena itu berdasarkan perhitungan statistik hasil belajar peserta didik selama pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer mengalami peningkatan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer (Kelas X IPA) lebih memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, ketimbang dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran Advance Organizer. Maka dari itu berdasarkan penelitian di lapangan dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan model Advance Organizer dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur. Kata Kunci : efektifitas, Advance Organizer, Hasil belajar iv ABSTRACT In the learning process in the classroom, a learning model is very important in increasing the creativity of students. However, the fact is that SMA Negeri 1 Labuhan Ratu, East Lampung, still uses the conventional learning model which tends to be monotonous. Therefore, the teacher has not been able to master the current learning model, which in the end results in low student learning outcomes. Whereas the Advance Organizer learning model can improve student learning outcomes at school. Therefore, this study aims to determine how effective the Advance Organizer learning model is in improving student learning outcomes at SMA Negeri 1 Labuhan Ratu, East Lampung. The research hypothesis proposed is that there is an effectiveness of the Advance Organizer learning model on improving learning outcomes in class X PAI subjects at SMA Negeri 1 Labuhan Ratu, East Lampung. The research that the author is doing is a Quasi Experimental research. The population in this study were all students of class X SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur totaling 60 students, consisting of 30 students in the experimental class, 30 students in the control class. Judging from the number of students in the experimental class, there were 13 male students and 17 female students. While in the control class there were 12 male students and 18 female students. The data collection tool in this study used a test instrument. The test instrument in this study was in the form of an essay test. This instrument is used to determine the learning outcomes of students at SMA Negeri 1 Labuhan Ratu, East Lampung. Based on the results of research and data processing t-test analysis at a significant level = 0.05 with a degree of validity of 76 obtained in the matter of moral aqidah. T-count value was 3,7379, and the t-table value=1.6715, the islamc kultural history material obtained the t-count value 3,7379, and the t-table value-1.6715, the figh material obtained the t-count 4,4168, and the value of t-tabel=-1,6715, the material of the Qur‟an hadith obtained t-count value of 8.1489, and the value of t-table=1.6715, because t�count > t-table then the hypothesis is accepted. Therefore, based on statistical calculations, student learning outcomes during learning by applying the Advance Organizer learning model have increased. So, it can be concluded that the learning applied to the experimental class by using the Advance Organizer learning model (Class X Science) has more influence on student learning outcomes, compared to students who do not use the Advance Organizer learning model. Therefore, based on research in the field, it can be stated that learning with the Advance Organizer model is declared effective in improving student learning outcomes in class X PAI subjects at SMA Negeri 1 Labuhan Ratu, East Lampung. Keywords: Effectiveness, Advance Organizer, Learning Outcome

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:07
Last Modified: 01 Jul 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item View Item