PEMBELAJARAN DARING DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG

RIA, SHINTA DEWI (2022) PEMBELAJARAN DARING DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1, BAB 5 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (299kB)
[thumbnail of RIA SHINTA DEWI NEW.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBELAJARAN DARING DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG Oleh Ria Shinta Dewi ( 1986108015 ) Pemanfaatan aplikasi google classroom merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran di era digital saat ini untuk menciptakan efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan fokus dan subfokus yang telah dipaparkan dalam penelitian ini yaitu tentang perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom pada pembelajaran PAI. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu untuk mendalami lebih jauh bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 31 Bandar Lampung Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, dan guru PAI. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian pembelajaran daring dengan aplikasi google classroom pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 31 Bandar Lampung meliputi; perencanaan yang dibuat guru berupa silabus dan RPP berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dan penggunaan aplikasi google classroom disertai media pembelajaran dalam program microsoft powerpoint, microsoft word, dan video/youtube. Kemudian pelaksanaan pembelajaran daring merupakan implementasi dari RPP, yaitu dengan menayangkan materi PAI. Kemudian penilaian pembelajaran daring dengan aplikasi google classroom dimulai dari aktivitas pretest dan post test, aktivitas proses serta penilaian dari tes formatif dan sumatif. Pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 31 Bandar Lampung dapat dikatakan sudah cukup membantu dalam terlaksananya pembelajaran daring. Dibuktikan dengan guru sudah menggunakan aplikasi google classroom dilengkapi dengan media pembelajaran seperti video/youtube, microsoft power point, dan microsoft word. Didukung oleh teknologi komputer/laptop dan teknologi telekomunikasi. Selain itu, perlu adanya kajian lebih lanjut terkait pembelajaran daring dengan aplikasi google classroom dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, PAI, Google Classroom, SMP. iv ABSTRACT ONLINE LEARNING WITH GOOGLE APP CLASSROOM IN PAI SUBJECTS AT SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG By Ria Shinta Dewi ( 1986108015 ) The use of the Google Classroom application is an alternative in learning in the current digital era to create effective online learning for Islamic Education subjects. Based on the focus and subfocus that have been described in this study, namely the planning, implementation and assessment of online learning using the Google Classroom application in PAI learning. Therefore, researchers feel the need to explore further how the planning, implementation and assessment of online learning on PAI subjects at SMP Negeri 31 Bandar Lampung. This type of research is descriptive qualitative. The sources of data in this study are the principal, deputy head of the curriculum, and PAI teachers. Data collection methods used are interviews, observation, and documentation. The data analysis used includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Test the validity of the data in this study using source triangulation, technique triangulation and time triangulation. The results of online learning research with the google classroom application on PAI subjects at SMP Negeri 31 Bandar Lampung include; The planning made by the teacher is in the form of a syllabus and lesson plans based on the 2013 curriculum with a scientific approach and the use of the Google Classroom application accompanied by learning media in Microsoft PowerPoint, Microsoft Word, and Video/YouTube programs. Then the implementation of online learning is the implementation of RPP, namely by showing PAI material. Then the online learning assessment with the Google Classroom application starts from pretest and posttest activities, process activities and assessments from formative and summative tests. Online learning using the Google Classroom application on PAI subjects at SMP Negeri 31 Bandar Lampung can be said to have been quite helpful in the implementation of online learning. It is proven by the teacher already using the google classroom application equipped with learning media such as video/youtube, microsoft power point, and microsoft word. Supported by computer/laptop technology and telecommunications technology. In addition, there is a need for further studies related to online learning with the Google Classroom application and its effect on student learning outcomes. Keywords: Online Learning, PAI, Google Classroom, SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:20
Last Modified: 30 Jun 2022 05:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19634

Actions (login required)

View Item View Item