PEMANFAATAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR

NADIA, PUSPARANI (2022) PEMANFAATAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berbahasa pada anak adalah kemampuan yang mengekspresikan yang dialami dan dipikirakan untuk anak dalam lingkungannya dengan teman sebayanya dalam bentuk perkembangan berbahasa nya yang menjadi optimal media kartu kata bergambar adalah kartu kecil yang berisi gambar,teks atau tanda simbol yang mengingatkan atau mengarahkan anak dalam bentuk sesuatu yang sangat berhubungan dengan gambar yaitu kartu kata bergambar biasanya dalam bentuk ukuran 8X12 .Atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas dihadapi,Manfaat Pengunaan kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak dalam mengenal huruf ,kosakata bahwa media kartu kata bergambar Mampu mengembangkan kemampuan pemanfaatan kartu kata bergambar tersebut peserta didik mampu mengetahui, memahami, menambah serta memperkaya kosakata yang ia miliki. Kosakata tersebut juga nantinya akan menjadi bekal anak untuk perkembangan bahasa, berbicara, membaca dan juga menulis karna kosakata menjadi bagian penting dari kemampuan literasi pada Anak . Tujuan penelitian ini dapat menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dalam subjek penelitian adalah guru kelas dan peserta didik di kelas B2 di Taman Kanak-kanak Qurrota A’yun Teluk Betung Timur Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yaitu guru kelas dan peserta didik di kelas B2 sebanyak 15 anak sedangkan objek dalam penelitian adalah pemanfaatan media kartu kata bergambar dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak di Taman Kanak-kanak Qurrota A’yun . Berdasarkan hasil wawancara ,observasi dan dokumentasi terlihat bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memanfaatkan media kartu kata bergambar ini sesuai dengan Langkah-langkah nya adalah 1. Menentukan Tema ,2.Menyiapkan Media Kartu Kata Bergambar ,3.Mengenalkan Huruf Dan Kata Kepada Anak ,4. Menyiapkan Alat dan Bahan ,5.Membagi Anak Kedalam Beberapa Kelompok ,6.Menyiapkan Memberikan Kegiatan Kepada Anak. Kata Kunci :Media kartu kata bergambar,Kemampuan,Berbahasa. iii ABSTRACT Language ability in children is the ability to express what is experienced and thought for children in their environment with their peers in the form of optimal language development picture word cards are small cards that contain pictures,text or symbols that remind or direct children in the form of something which are closely related to pictures ,namely picture word cards ,usually in the form of a size 8X12 or can be adjusted to the size of class being faced benefits the use of picture word cards can develop children’s language skills in recognizing vocabulary letters that picture word cards media able to develop the ability to use picture word cards participants students are able to know,understand add and enrich the vocabulary they have .This vocabulary will also later become a provision for children for language development speaking ,reading and writing because vocabulary is an important part of literacy skill in children . Writing because vocabulary is aimportant part of children’s literacy skills the purpose of this study is to use descriptive qualitative research in that the research subjects are class teachers and students in class B2 at Qurrota A’yun kindergarten Teluk Betung Timur . This research uses research subjects ,namely class teachers and students in class B2 as many as 15 children’s ,while the object in study is the use of picture word cards in developing children’s language at Qurrota A’yun kindergarten. Based on the results of observational interviews and documentation ,it can be seen that the results of the study indicate that teachers have used the illrated word card media in accordance with the steps 1. Detemine the theme ,2. Prepare picture word card media ,3. Introduce letters and words to children ,4. Prepare tools and materials ,5. Divide the childrens into several groups ,6. Prepare to provide activities for children. Keywords : Picture word card media,Ability,Language

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:04
Last Modified: 30 Jun 2022 05:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19633

Actions (login required)

View Item View Item