PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Siti, Nuriyah (2022) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi siti nuriyah 1811030095 pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan keprofesionalan seorang guru, Kepala Madrasah memberikan bimbingan dan motivasi serta berusaha memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi kepada guru, salah satunya permasalahan yang terjadi dalam memajukan madrasah yaitu kurangnya kemampuan guru dalam mengajar dan kurangnya fasilitas dalam mengajar. Maka dari itu dibutuhkan Kepemimpinan Kepala Madrasah yang baik dan bermutu untuk dapat mempengaruhi peningkatan profesional gurunya. Karena kepala madrasah merupakan kunci utama perkembangan, peningkatan, dan keberhasilan suatu sekolah termasuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MIN 9 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, karena penelitian ini akan langsung masuk ke obyek dan menggambarkan apa adanya mengenai objek yang diteliti. sehingga masalah akan di temukan dengan jelas. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan para pendidik, Sedangkan teknik keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik karena peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi . Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala madrasah sebagai edukator mampu meningkatkan kedisiplinan guru dalam hal disiplin waktu, disiplin berpakaian dan disiplin bekerja dengan menjadikannya contoh disiplin bagi warga madrasah dan kepala madrasah juga selalu datang lebih awal ke sekolah dan mengontrol ruangan kelas. Sebagai supervisor, kepala madrasah mampu melakukan pengawasan dan pemantauan secara langsung dalam hal pemilihan dan penggunaan media yang digunakan, serta keterlibatan pesertadidik selama proses pembelajaran, kepala madrasah juga melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang terjadi, melakukan kunjungan kelas. Jadi dapat disimpulkan, bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MIN 9 Bandar Lampung sudah terlaksana, namun guru di MIN 9 Bandar Lampung belum dapat dikatakan optimal dikarenakan minimnya fasilitas maupun alat media pembelajaran yang ada untuk dapat digunakan pada saat proses belajar mengajar. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru iii ABSTRACT The head of the madrasa has a very influential role in improving the professionalism of a teacher, the head of the madrasa provides guidance and motivation and tries to provide solutions to problems that occur to teachers, one of the problems that occur in advancing madrasas is the lack of teacher ability in teaching and the lack of facilities in teaching. Therefore, good and quality Madrasah Principal Leadership is needed to be able to influence the professional improvement of their teachers. Because the principal is the main key to the development, improvement, and success of a school, including improving teacher performance in carrying out the teaching and learning process. The purpose of this study was to determine the role of the Madrasah Head in improving teacher professionalism at MIN 9 Bandar Lampung. Data collection methods used are interviews, observation and documentation. The data analysis used is qualitative analysis, because this research will go directly to the object and describe what it is about the object under study. so the problem will be found clearly. The data sources of this research were the head of madrasah and educators, while the validity of the research data used triangulation techniques because the researchers used data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. Based on the results of this study, it can be concluded that the madrasa principal as an educator is able to improve teacher discipline in terms of time discipline, dress discipline and work discipline by making it an example of discipline for madrasa residents and madrasa principals also always arrive early to school and control the classroom. As a supervisor, the madrasa principal is able to carry out direct supervision and monitoring in terms of the selection and use of the media used, as well as the involvement of students during the learning process, the madrasa principal also conducts group discussions to solve problems that occur, conducts class visits. So it can be concluded, that the role of the madrasah principal in improving the professionalism of teachers at MIN 9 Bandar Lampung has been carried out, but teachers at MIN 9 Bandar Lampung cannot be said to be optimal due to the lack of facilities and learning media tools that exist to be used during the teaching and learning process. Keywords : The Role of the Head of Madrasah, Teacher Professionalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:12
Last Modified: 30 Jun 2022 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19629

Actions (login required)

View Item View Item