Sultan, Dwi Cahya (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR PADAKINERJA GURU DI MTS N 2 LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MTsN 2 LAMPUNG UTARA SULTAN DWI CAHYA Dalam membangun motivasi dan semangat kerja guru perlu adanya kepemimpinan yang baik dalam mencapai tujuan tersebut. Sebagai upaya memelihara harmonisasi, kesejahteraan guru dan menyesuaikan diri dengan situasi serta kondisi bawahan. Salah satu kekuatan dalam pengelolaan organisasi sekolah/madrasah dan yang berperan untuk bertanggung jawab menghadapi perubahan adalah perilaku kepemimpinan kepala madrasah, sebagai pemimpin kepala madrasah diharuskan mampu memprakarsai pemikiran baru dalam proses interaksi di lingkungan madrasah. Peran kepala madrasah sebagai manajer di madrasah memegang peranan penting dalam upaya menggerakkan jajaran guru untuk memiliki motivasi yang tinggi, dengan kepemimpinan yang selaras dengan lingkungan kerja, dan koordinasi yang matang. Kepala madrasah diharapkan mampu membawa serta guru untuk melakukan proses pembelajaran secara optimal untuk dapat melakukan pelayanan yang sebaik- baiknya kepada masyarakat khususnya siswa.Atas dasar itu maka sebagai rumusan masalah penelitian ini adalah :„Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi guru di MTsN 2 Lampung Utara?‟Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Dengan subyek penelitian kepala madrasah, wakill kepala madrasah dan 1 orang guru.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai motivator di MTsN 2 Lampung Utara selama ini sudah cukup baik walaupun kepala madrasah masih belum bisa melaksanakannya secara optimal. upaya yang dilakukan kepala MTsN 2 Lampung Utara dalam rangka meningkatkan motivasi kerja guru yaitu : menumbuhkan suasana kerja yang baik dan harmonis, menanamkan kedisiplinan, memberikan penghargaan kepada guru atas dasar prestasi kerja yang baik.Dalam upaya motivasi terhadap kinerja guru terdapat lingkungan kerja yang kondusif, sarana dan prasaranayang memadai, kesejahteraan yang baik.. Kata Kunci : Kepala Madrasah, Motivasi Kerja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 02:59 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 02:59 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19625 |
Actions (login required)
View Item |