DAMPAK PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA MASA NEW NORMAL MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ADZKIA TANGGAMUS

Evi, Ernaningsih (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA MASA NEW NORMAL MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ADZKIA TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran tatap muka terbatas adalah proses pembelajaran dalam ruang kelas yang dilaksanakan di sekolah dengan model tatap muka yang dibatasi dengan syarat dan ketentuan pembelajaran era new normal serta masa penetapan social distancing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanan pembelajaran tatap muka terbatas dengan metode pembiasaan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini pada perilaku prososial anak usia 5-6 tahun saat masa new normal. Penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif, dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Adzkia Tanggamus. Subjek penelitian ini adalah guru, orang tua dan anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak Adzkia Tanggamus. Sedangkan objek penelitian ini yaitu dampak pembelajaran tatap muka terbatas dengan metode pembiasaan pada perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Sumber data penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verification. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Temuan data penelitian adalah penerapan pembelajaran tatap muka terbatas dengan metode pembiasaan dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Adzkia Tanggamus telah dilaksanakan secara optimal. Terlihat dari pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah oleh guru diantaranya guru telah membangun suasana pembelajara yang aktif dan menjalankan peran sebagai pendidik, pelaksanaan pembelajaran oleh guru menggunakan sumber belajar, metode dan media yang beragam, kegiatan pembelajaran telah mengembangkan semua aspek perilaku prososial anak, dan guru melalukukan evaluasi pembelajaran saat pembelajaran tatap muka terbatas maupun pembelajaran jarak jauh. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan pendampingan orang tua dirumah, yaitu diantaranya orang tua selalu memberikan dukungan dan nasehat untuk menamkan perilaku prososial, orang tua menjadi taulaudan bagi anak untuk menerapkan perilaku prososial, orang tua mengajak anak untuk melakukan aksi sosial seperti bersedekah dan berbagi dengan tetangga. Berdasarkan hasil penelitian mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Adzkia Tanggamus telah berkembang secara optimal. Dapat dilihat dari hasil penelitian yang iii dilakukan oleh peneliti pada kategori Mulai Berkembang. Terlihat terdapat 0 anak belum berkembang, 15 anak mulai berkembang, 8 anak berkembang sesuai harapan, dan 2 anak berkembang sangat baik. Kata kunci: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Metode Pembiasaan, Perilaku Prososial, New Normal iv ABSTRACT Limited face-to-face learning is a learning process in a classroom that is carried out in schools with a face-to-face model that is limited to the terms and conditions of learning in the new normal and the period of determining social distancing. This study aims to determine the impact of implementing limited face - to - face learning with the habituation method in Early Childhood Education institutions on the prosocial behavior of children aged 5-6 years during the new normal. Research with a qualitative research approach, was carried out at Adzkia Tanggamus Kindergarten. The subjects of this study were teachers, parents and children in group B of Adzkia Tanggamus Kindergarten. While the object of this research is the impact of limited face-to-face learning with the habituation method on the prosocial behavior of children aged 5-6 years. Sources of research data obtained from interview techniques, observation, documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation, and verification. While the data validity technique uses triangulation of techniques, sources and time. The findings of the research data are that the application of limited face-to-face learning with the habituation method in developing prosocial behavior for children aged 5-6 years in Adzkia Tanggamus Kindergarten has been carried out optimally. It can be seen from the implementation of limited face-to-face learning in schools by teachers including teachers who have built an active learning atmosphere and carry out the role as educators, implementation of learning by teachers using various learning resources, methods and media, learning activities have developed all aspects of children's prosocial behavior, and the teacher evaluates learning when face-to-face learning is limited or distance learning. While the implementation of distance learning with parental assistance at home, including parents always provide support and advice to instill prosocial behavior, parents become role models for children to implement prosocial behavior, parents invite children to take social actions such as giving charity and sharing with neighbors . Based on the results of the study, developing prosocial behavior of children aged 5-6 years in Adzkia Tanggamus Kindergarten has developed optimally. It can be seen from the results of research conducted by researchers in the Starting to Develop category. It can be seen that there are 0 children who have not developed, 15 children are v starting to develop, 8 children are developing as expected, and 2 children are developing very well. Keywords: Limited Face-to-face Learning, Habituation Methods, Prosocial Behavior, New Normal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:31
Last Modified: 29 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19622

Actions (login required)

View Item View Item