MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMP NURUL HUDA TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH

Rida, Hane Marie (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMP NURUL HUDA TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di sekolah sudah direncanakan oleh kepala sekolah dan seorang manajer guna untuk membuat suatu perencanaan yang tepat dan dapat menjalankan program – program sarana prasarana di sekolah dengan baik. Sekolah dikatakan berhasil apabila terdapat optimalisasi pengelolaan atau pemnfaatan sarana dan prasarana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan penghapusan manajemen sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif,dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil ketua sarana dan prasarana dan kepala tata usaha (TU). Sumber data penelitian, yaitu sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan peneliti menggunakan uji keabsahan data atau triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian tentang manajemen sarana dan prasarana di SMP Nurul Huda Terusan Nunyai, yaitu: (1).Perencanaan sarana dan prasarana dilaksanakan dengan jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (5 tahun) dan jangka panjang (10 – 15 tahun). (2).Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan menganalisis barang, menyeleksi barang, pembuatan proposal pengadaan, melakukan survey ke sekolah dan pengiriman barang ke sekolah. (3).Penyaluran sarana dan prasarana dilakukan dengan penyusunan alokasi barang dan penyaluran barang ke sekolah. (4).Inventarisasi sarana dan prasarana dilakukan dengan mencatat barang yang masuk dan keluar dengan pemberian kode pada setiap barang dan pembuatan laporan data inventaris barang yang dibuat setiap 1 tahun sekali. (5).Pemeliharaan sarana dan prasarana diserahkan kepada pihak yang bertanggung jawab atas masing – masing ruangan dan adanya sanksi atau tata tertib terhadap pemeliharan sarana dan prasarana yang harus dipatuhi siswa. (6).Penyimpanan sarana dan prasarana di simpan di tempat khusus yang sudah disediakan oleh sekolah agar tidak iii mengalami kerusakan serta terjamin kuantitas dan kualitasnya . (7).Penghapusan sarana dan prasarana ini dilakukan dengan membuat surat keterangan tidak layak pakai yang diserahkan kepada yayasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa SMP Nurul Huda Terusan Nunyai Lampung Tengah sudah melaksanakan sarana dan prasarana dengan baik sesuai dengan prosedur. Kata Kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana iv ABSTRACT Management of educational facilities and infrastructure in schools has been planned by the principal and a manager in order to make an appropriate plan and be able to run the program - program facilities and infrastructure in schools well. Schools are said to be successful if there is an optimization of the management or utilization of facilities and infrastructure properly. This study aims to determine how the planning, procurement, distribution, inventory, storage maintenance and elimination of facilities and infrastructure management This study uses a descriptive qualitative research with the research subject of the principal, wakil ketua of facilities and infrastructure and the head of administration (TU). Research data sources, namely primary and secondary data sources. In this study, the data collection techniques were observation, interviews and documentation. The analysis used by the researcher was data reduction, data presentation and data verification, while the researcher used data validity tests or triangulation of sources, techniques and time. The results of the research on management of facilities and infrastructure at SMP Nurul Huda Terusan Nunyai, namely : (1) Planning for facilities and infrastructure is carried out in the short term (1 year), medium term (5 years) and long term (10-15 years). (2) Procurement of facilities and infrastructure is carried out by analyzing goods, selecting goods, making procurement proposals, conducting surveys to schools and sending goods to schools. (3) Distribution of facilities and infrastructure is carried out by arranging the allocation of goods and distribution of goods to schools. (4) Inventory of facilities and infrastructure is carried out by recording incoming and outgoing goods by assigning a code to each item and making inventory data reports made every 1 year (5) Maintenance of facilities and infrastructure is submitted to the party responsible for each room and the existence of sanctions or rules for the maintenance of facilities and infrastructure that must be obeyed by students (6) Storage of facilities and infrastructure is stored in a special place that has been provided by v the school so that it is not damaged and its quantity and quality is guaranteed (7) The elimination of these facilities and infrastructure is carried out By making a certificate that is not suitable for use which is submitted to the foundation, it can be concluded that SMP Nurul Huda Terusan Nunyai Lampung Tengah has carried out the facilities and infrastructure properly in accordance with the procedures. Keywords: Facilities and Infrastructure Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:24
Last Modified: 30 Jun 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19621

Actions (login required)

View Item View Item