IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP MA’ARIF 09 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH

Nelly, Vransiska (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SMP MA’ARIF 09 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER_BAB I_BAB II_DAFTAR PUSTAKA_NELLY VRANSISKA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_NELLY VRANSISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan manajemen peserta didik di SMP Ma’arif Seputih Banyak Lampung Tengah. Manajemen peserta didik merupakan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah serta memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin kepada peserta didik yang dimulai sejak peserta didik masuk ke sekolah hingga peserta didik lulus dari sekolah. Baik yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen peserta didik di SMP Ma’arif seputih Banyak Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan kegiatan manajemen peserta didik, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta penunjang lainnya yang diperoleh dari kepustakaan, jurnal, dokumentasi dan monografi sekolah. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Peserta Didik di SMP Ma’arif Seputih Banyak Lampung Tengah sudah menerapkan manajemen peserta didik tetapi belum sepenuhnya. Hal ini dilihat dari beberapa point indicator, yaitu: rekruitmen peserta didik, orientasi, pengelompokan peserta didik, pengembangan dan pembinaan peserta didik, pencacatan dan pelaporan peserta didik dan alumni. Kata Kunci: Manajemen, Peserta Didik. 4 ABSTRACT This study aims to describe the implementation of student management activities at SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak, Central Lampung. Student management is a process of teaching and learning activities in schools and proving the best possible service to student starting from when students enter school until students graduate from school. Both directly and indirectly related to students. This study a qualitative approach to find out how the implementasi of student management at SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak, Central Lampung, this study uses data collection techniques by means of interviews and documentation. Primary data is obtained directly from respondents regarding the implementation of student management activities, while secondary data is the form of theories and legal norms and other supports obtained from libraries, journals, documentation and shool monograps. The validity of the data was tested by triangulation of sources. Data analysis in this study used data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results that the Implementation of Student Management at SMP Ma’arif 09 Seputih Banyak, Central Lampung had implementation student management but not yet fully. This can be seen from several point indicators, namely: student recruitment, orientation, student grouping, student development and coaching, disability and reporting of students and alumni. Keywords: Students, Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:18
Last Modified: 29 Jun 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19620

Actions (login required)

View Item View Item