PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU WICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI MARTAPURA KABUPATEN OKU TIMUR

POTIKA, RIMA BUNGA (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU WICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI MARTAPURA KABUPATEN OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan standarisasi dalam pengembangan potensi yang dimiliki stiap manusia. Oleh sebab itu setiap insan berhak mendapatkan pendidikan dengan tujuan menjadi manusia yg beriman dan bertaqwa kepada tuhan yg Maha Esa. Oleh sebab itu untuk suksesnya hal ini,tentu tidak melihat keterbatasan yang dimiliki subjek pendidikan, namun yg terpenting adalah berupaya menyampaikan pelajaran sebaik mungkin sehingga peserta didik mampu belajar dengan maksimal sebagaimana semestinya. Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Wicara Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Peneliti akan memfokuskan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara pada tingkat SMPLB-B di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Dengan sub fokus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara di SLB Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field ,research) dan penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari buku-buku yg relevan dengan penelitian. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasinya adalah jumlah keseluruhan peserta didik di SLB Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur dan sampelnya adalah anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara tingkat SMPLB – B dengan pengampilan sampel menggunakan Purposiv Sampling yaitu teknik pengampilan sampel dengan kriteria tertentu.dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah pertama Reduksi data yaitu merangkum dan memilih hal – hal yang pokok, kedua Display data yaitu penyajian data naratif, dan yang ketiga adalah Verifikasi data yaitu penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian, pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Wicara Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur menunjukkan bahwa, proses pembelajaran kurang optimal terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini karena sulitnya peserta didik dalam menangkap informasi dan pengungkapan bahasa serta belum ada gutu khusus mata pelajaran pendidikan agama islam, sehingga Upaya dalam mengatasi kendala yang di hadapi dalam proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam ini adalah guru melakukan sebuah perencanaan sebelum memulai pembelajaran, lalu setelah itu pelaksanaannya di dukung dengan metode, strategi, memperbaiki komunikasi dengan orang tua siswa, guru mempersiapkan alat dan bahan ajar serta menggunakan metode pembelajaran berdasarkan karakteristik anak Kata kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunarungu Wicara ABSTRAK Pendidikan merupakan standarisasi dalam pengembangan potensi yang dimiliki stiap manusia. Oleh sebab itu setiap insan berhak mendapatkan pendidikan dengan tujuan menjadi manusia yg beriman dan bertaqwa kepada tuhan yg Maha Esa. Oleh sebab itu untuk suksesnya hal ini,tentu tidak melihat keterbatasan yang dimiliki subjek pendidikan, namun yg terpenting adalah berupaya menyampaikan pelajaran sebaik mungkin sehingga peserta didik mampu belajar dengan maksimal sebagaimana semestinya. Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Wicara Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Peneliti akan memfokuskan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara pada tingkat SMPLB-B di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Dengan sub fokus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara di SLB Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field ,research) dan penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari buku-buku yg relevan dengan penelitian. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasinya adalah jumlah keseluruhan peserta didik di SLB Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur dan sampelnya adalah anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara tingkat SMPLB – B dengan pengampilan sampel menggunakan Purposiv Sampling yaitu teknik pengampilan sampel dengan kriteria tertentu.dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah pertama Reduksi data yaitu merangkum dan memilih hal – hal yang pokok, kedua Display data yaitu penyajian data naratif, dan yang ketiga adalah Verifikasi data yaitu penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian, pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Wicara Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur menunjukkan bahwa, proses pembelajaran kurang optimal terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini karena sulitnya peserta didik dalam menangkap informasi dan pengungkapan bahasa serta belum ada gutu khusus mata pelajaran pendidikan agama islam, sehingga Upaya dalam mengatasi kendala yang di hadapi dalam proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam ini adalah guru melakukan sebuah perencanaan sebelum memulai pembelajaran, lalu setelah itu pelaksanaannya di dukung dengan metode, strategi, memperbaiki komunikasi dengan orang tua siswa, guru mempersiapkan alat dan bahan ajar serta menggunakan metode pembelajaran berdasarkan karakteristik anak Kata kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunarungu Wicara ABSTRAK Pendidikan merupakan standarisasi dalam pengembangan potensi yang dimiliki stiap manusia. Oleh sebab itu setiap insan berhak mendapatkan pendidikan dengan tujuan menjadi manusia yg beriman dan bertaqwa kepada tuhan yg Maha Esa. Oleh sebab itu untuk suksesnya hal ini,tentu tidak melihat keterbatasan yang dimiliki subjek pendidikan, namun yg terpenting adalah berupaya menyampaikan pelajaran sebaik mungkin sehingga peserta didik mampu belajar dengan maksimal sebagaimana semestinya. Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Wicara Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Peneliti akan memfokuskan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara pada tingkat SMPLB-B di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Dengan sub fokus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara di SLB Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field ,research) dan penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan sumber data yaitu data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari buku-buku yg relevan dengan penelitian. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasinya adalah jumlah keseluruhan peserta didik di SLB Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur dan sampelnya adalah anak berkebutuhan khusus Tunarungu Wicara tingkat SMPLB – B dengan pengampilan sampel menggunakan Purposiv Sampling yaitu teknik pengampilan sampel dengan kriteria tertentu.dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah pertama Reduksi data yaitu merangkum dan memilih hal – hal yang pokok, kedua Display data yaitu penyajian data naratif, dan yang ketiga adalah Verifikasi data yaitu penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil penelitian, pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Wicara Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Martapura Kabupaten Oku Timur menunjukkan bahwa, proses pembelajaran kurang optimal terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini karena sulitnya peserta didik dalam menangkap informasi dan pengungkapan bahasa serta belum ada gutu khusus mata pelajaran pendidikan agama islam, sehingga Upaya dalam mengatasi kendala yang di hadapi dalam proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam ini adalah guru melakukan sebuah perencanaan sebelum memulai pembelajaran, lalu setelah itu pelaksanaannya di dukung dengan metode, strategi, memperbaiki komunikasi dengan orang tua siswa, guru mempersiapkan alat dan bahan ajar serta menggunakan metode pembelajaran berdasarkan karakteristik anak Kata kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunarungu Wicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:12
Last Modified: 29 Jun 2022 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19619

Actions (login required)

View Item View Item