DELLA, NURAINI (2022) MISKONSEPSI DAN EVALUASINYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan yang selalu dihadapi baik oleh guru dan peserta didik. Miskonsepsi menyebabkan peserta didik mengalami konsepsi yang salah sehingga pemahaman konsepnya menjadi rendah. Miskonsepsi dapat diindentifikasi dengan beberapa cara. Identifikasi miskonsepsi yang dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan metode Certainty of Response Index (CRI), metode two tier multiple choice, metode three tier multiple choice, metode four tier multiple choice dan menggunakan metode peta konsep. Evaluasi pembelajaran yang tepat digunakan untuk mengukur miskonsepsi adalah evaluasi formatif dengan bentuk evaluasi yaitu tes objektif dan non-objektif. Penyebab miskonsepsi diantaranya adalah pra konsepsi awal peserta didik, profesionalitas guru, metode mengajar guru, buku pelajaran, dan konteks hidup peserta didik. Miskonsepsi yang dimiliki oleh peserta didik dapat direduksi dengan menggunakan strategi dan model pembelajaran yang dapat melakukan perubahan konseptual pada peserta didik. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran conceptual change, ECIRR, POGIL, CORE dan concept attainment. Sedangkan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mereduksi miskonsepsi peserta didik adalah strategi konflik kognitif dan strategi PDEODE. Kata Kunci: Miskonsepsi, Evaluasi Miskonsepsi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:48 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:48 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19614 |
Actions (login required)
View Item |