STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN MUZAKKI DI KABUPATEN PESAWARAN

AYU, SUSILAWATI (2022) STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN MUZAKKI DI KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang penulis teliti dalam penelitian ini adalah kesadaran masyarakat Kabupaten Pesawaran untuk berzakat masih relatif rendah. Kondisi ini ditambah dengan kewajiban zakat masih bersifat sukarela dalam tata peraturan perundang-undangan di Indonesia, ada fenomena umum bahwa masyarakat cenderung menunaikan zakat secara langsung kepada mustahik, dan juga kepercayaan masyarakat kepada lembaga pengelola zakat masih rendah khususnya pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Kesadaran masyarakat sangat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu pengetahuan agama yang kurang, sikap, dan motivasi serta pandangan masyarakat mengenai zakat, selain itu kurang percayanya masyarakat terhadap lembaga zakat karena masyarakat belum melihat pengaruh yang besar bagi pemecahan masalah ekonomi dan kesenjangan sosial, sehingga masyarakat memilih membayarkan zakat tersebut secara langsung kepada mustahik tanpa melalui lembaga zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam meningkatkan muzakki di Kabupaten Pesawaran, serta untuk mengetahui pengaruh strategi yang digunakan BAZNAS Pesawaran dalam meningkatkan muzakki. Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan mendeskripsikan serta memaparkan kejadian yang ada di lapangan dengan apa adanya. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam meningkatkan muzakki di Kabupaten Pesawaran yaitu strategi penetrasi pasar, dimana BAZNAS memperluas pangsa pasar melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Strategi BAZNAS dalam upaya meningkatkan muzakki yaitu dengan mensosialisasikan dan mempromosikan lembaga BAZNAS itu sendiri pada masyarakat secara online maupun secara langsung supaya masyarakat lebih mengenal lembaga yang zakat yang ada di lingkungan mereka, strategi pengembangan pasar pengenalan produk atau jasa yang ada saat ini ke wilayah-wilayah geografis yang baru, strategi pengembangan pasar yang dilakukan BAZNAS pesawaran yaitu dengan memperluas Unit Pengumpul Zakat (UPZ), banyak melakukan kerjasama dengan perusahaan swasta dan BUMN serta melayani muzakki dengan baik iii dan keterbukaan dana pada masyarakat. Strategi selanjutnya yaitu strategi pengembangan produk, dalam hal ini BAZNAS terus berupaya untuk mengembangkan atau memperkenalkan kepada masyarakat mengenai program-program yang ada di lembaga dengan tujuan agar program-program tersebut dapat dikenal masyarakat secara luas dan dana zakat dapat tersalurkan kepada yang benar-benar membutuhkan melalui program-program yang ada. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa strategi yang telah dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tersebut mampu menarik calon muzakki untuk berzakat di BAZNAS. Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan, Muzakki

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:46
Last Modified: 28 Jun 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19610

Actions (login required)

View Item View Item