KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAY KANAN

ACHMAD, SIDIQ SETIAWAN (2022) KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ACHMAD SIDIQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN WAY KANAN Oleh ACHMAD SIDIQ SETIAWAN Disdukcapil Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu satuan kerja perangkat daerah yang berada di Kabupaten Way Kanan, dalam proses pelaksanaan pelayanan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Dari tabel yang peneliti dapatkan mengenai pelaksanaan perekaman e-KTP, dalam data tersebut jumlah yang sudah melakukan perekaman dan yang belum melakukan perekaman memiliki selisih 2,87%. Yang disebabkan kurangnya sosialisasi yang diberikan oleh pegawai Disdukcapil Kabupaten Way Kanan dan kurangnya kesadaran dari masyarakat terkait pentingnya memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Berdasarkan Undang-UndangNomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006tentang administrasi Kependudukan, pasal 7 mengatakan pemerinah Kabupaten/Kota berkewajiban dan bertanggung jawab menyelenggarakan urusan Admisitrasi Kependudukan yang dilakukan oleh Bupati/Walikota dengan membentuk instansi pelaksanaan yang tugas dan fungsinya dibidang Administrasi Kependudukan, Undang-Undang ini jelas menegaskan bahwa pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab yang besar dalam pelayanan publik terutama dalam pelayanan administrasi kependudukan atau pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Dalam hal ini pemerintah daerah yang dimaksud adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Way Kanan. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan proses pengumpulan data melalui dokumen berupa data observasi, waawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan teknik verifikasi. Pada proses penelitian ini peneliti menggunakan teori H. Surjadi, dalam melihat pelayanan publik yang Efektif, Transparan, Efisiensi. Hasil dari penelitian ini yaitu kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatatn Sipil Kabupaten Way Kanan tidak memenuhi ciri Pelayanan Publik Menurut H. Surjadi, tentang Efektif, Transparan, Evisien. Ketiga aspek tersebut tidak terrealisasikan dengan baik dikarenakan kurangnya Sosialisasi yang diberikan pegawai Disdukcail Kabupaten Way Kanan Menyebabkan masih ada masyarakat menganggap sepele terkait pentingnya memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik. Tidak efektifnya kinerja yang diberikan oleh Disdukcapil menyebabkan masih terdapat selisih antara yang sudah melakukan perekaman dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 2,87%. Kata Kunci: Kinerja, Pegawai, e-KTP

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:31
Last Modified: 27 Jun 2022 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item