PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN HARAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 BANDAR LAMPUNG

Wiwied, Anindita Devi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN HARAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VIII DI SMPN 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIWIED ANINDITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sehingga muncul kejenuhan dan kurang motivasi siswa dalam pembelajaran. Siswa menganggap pembelajaran Pendidikan Islam merupakan pembelajaran yang sulit untuk dipahami dan diingat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)yang bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran Lectora Inspire pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi makanan dan minuman halal dan haram sebagai sumber belajar mandiri di SMPN 8 Bandar Lampung dan 2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Lectora Inspire pada materi makanan dan minuman halal dan haram sebagai sumber belajar mandiri di SMPN 8 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono sesuai dengan pengembangan, yang menggunakan tujuh tahapan dalam penelitian, yaitu: 1) Observasi, 2) Pengumpulan dan Pengolahan Data, 3) Penyusunan Media Pembelajaran, 4) Validasi Media Pembelajaran, 5) Media Pembelajaran Revisi, 6) Uji Coba Skala Kecil dan Uji Coba Skala Besar di SMPN 8 Bandar Lampung, 7) Media Pembelajaran Revisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket respon siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, kualitatif kuantitatif. Berdasarkan hasil dari ahli materi dan ahli media dengan hasil validasi layak digunakan dan media pembelajaran Lectora Inspire berdasarkan angket respon uji coba lapangan yang dilakukan pada 30 siswa dikategorikan sangat menarik sehingga media pembelajaran Lectora Inspire sangat membantu siswa dalam pembelajaran dan layak digunakan serta siswa sangat tertarik pada media pembelajaran Lectora Inspire dengan rata-rata respon dari siswa 4,266 (85,32%) masuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci : Media Pembelajaran, Lectora Inspire. iii ABSTRACT This research while such a lack of media learning used by educator so it appeared less saturation and motivation of students in learning. Students consider learning islamic education is lesson difficult to be understood and remembered. The research is research development ( research and development) that aims to: 1) produce media learning lectora inspire islamic education in the subject matter food and drink lawful as a source of independent study SMP N 8 Bandar Lampung and 2) Student know response to learning Lectora Inspire of matter food and drink halal and haram as a source of independent study SMP N 8 Bandar Lampung. The research is based on research development model of sugiyono in accordance with the development , using seven step in research, which is 1) Observation, 2) The collection of data, 3) The media learning, 4) Validation of the media, 5) Revision of the media, 6) Trial of small and trial a large scale SMPN 8 Bandar Lampung, 7) Media learning revision.The technique used data collection students survey response.This data analysis in research using a technique descriptive analysis, qualitative quantitative. Based on the results of the people of the matter and media experts with the results of validation fit for use and media lectora inspire such response based on field trial conducted in 30 students are categorized was so compelling that media lectora inspire helps students in their experiences and fit for use and student of media is very interested in learning lectora inspire with an average response from students 4,266 (85,32%) included in the category of very good. Keywords: Learning Media, Lectora Inspire

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:52
Last Modified: 27 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item View Item