EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG

Fifin, Yulianingsih (2022) EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan belajar merupakan persoalan penting dalam proses belajar mengajar di sekolah, apalagi dengan keadaan sekarang yang tidak memungkinkan untuk belajar di sekolah. Pandemi covid-19 yang merubah tatanan kehidupan seluruh masyarakat khususnya Indonesia. Keadaan sekarang membuat seluruh manusia melakukan aktivitas nya dari rumah termasuk pendidikan, sehingga berdampak pada kedisiplinan belajar pada peserta didik yang mengalami penurunan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh konseling individu dengan teknik self management terhadap peningkatan kedisiplinan belajar online peserta didik SMA Yadika Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah teknik self management dengan konseling individu dan memiliki satu subjek dalam penelitiannya. Hasil menunjukkan adanya perubahan dalam peningkatan kedisiplinan belajar online oleh IL. Pada fase baseline A1, terlihat kedisiplinan belajar menurun. Pada fase B, diberikan perlakuan dengan tahap-tahap teknik self management yang menunjukkan hasil peningkatkan kedisiplinan belajar online pada IL. Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikan nya intervensi dan menunjukkan peningkatan yang stabil. Hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar online pada fase baseline A1 dan fase intervensi B mengalami penurunan sebesar 0%, sedangkan pada fase intervensi dan baseline A2 mengalami peningkatan yang stabil sebesar 33,33%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa kedisiplinan belajar online terhadap peserta didik kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung terdapat peningkatan kedisiplinan belajar online dengan menggunakan teknik self management. Kata Kunci : Konseling Individu, Self Management, Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:21
Last Modified: 24 Jun 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item View Item