PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL TERHADAP DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

SATYOGO, PRISTIWANTO ANGGORO (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL TERHADAP DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of YOGO FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual terhadap keterampilan generik sains dan kreativitas peserta didik di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII unggulan Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung . Rendahnya keterampilan generik sains dan kreativitas peserta didik yang diketahui melalui nilai pra-penelitian, dan disebabkan oleh proses pembelajaran dikelas masih bersifat teoritis dan berpusat pada pendidik, sehingga lebih banyak terjadi komunikasi satu arah terlebih saat pembelajaran daring berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Esperimen Design dengan desain posttest –only control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII unggulan Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dari teknik tersebut didapat kelas VIII unggulan 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual dan kelas VIII unggulan 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 86, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 66 untuk keterampilan generik sains dan untuk kreativitas peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata 80, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 73. Artinya rata-rata posttest soal dan angket kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol baik dari keterampilan generik sains dan kreativitas peserta didik, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran somatic, auditory, visual, intellectual berpengaruh terhadap keterampilan generik sains dan kreativitas peserta didik. Kata Kunci : Somatic, auditory, visual, intellectual, Keterampilan generik sains, Kreativitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:36
Last Modified: 24 Jun 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item