EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING TEKNIK SYMBOLIC MODELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIALPADA PESERTA DIDIK KELAS XIIDI SMA SURYA DHARMA BANDAR LAMPUNG

DWI, AGUSTINA (2022) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING TEKNIK SYMBOLIC MODELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIALPADA PESERTA DIDIK KELAS XIIDI SMA SURYA DHARMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1- BAB 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING TEKNIK SYMBOLIC MODELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMA SURYA DHARMA BANDAR LAMPUNG Oleh DWI AGUSTINA Kecerdasan sosial ( social intelligence) sampai saat ini masih menduduki peran yang amat penting dengan adanya kecerdasan sosial kita bisa diterima di lingkungan dengan baik, terdapat kasus kasus seperti tawuran dan bullying yang berasal dari kecerdasan sosialnya. dengan adanya kecerdasan sosial yang optimal remaja mampu diterima dilingkungannya dengan baik, remaja juga mampu membangun hubungan interaksi, sosialisasi dengan baik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik kelas XII di SMA Surya Dharma Bandar Lampung dengan melakukan layanan konseling menggunakan Teknik Symbolic Modeling. Jenis penelitian ini yaitu Single Subjek Research (SSR) dengan design A-B-A, populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3 peserta didik yang mengalami kecerdasan sosial cukup rendah namun dari ketiga peserta didik tersebut peneliti memilik 1 subjek yang lebih cenderung dan menonjol prilaku kecerdasan sosial rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu siswa kelas XII IPA yang memiliki prilaku kecerdasan sosial rendah sepertikurang bebaur dengan kelompok, tidak peduli dengan lingkungan sekitar, tidak mmenyesuaikan diri. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentas. Teknik yang digunakan adalah teknik Symbolic Modeling dengan layanan konseling individu dan memiliki 1 (satu) subjek dalam penelitiannya. Alat instrumentasi dalam penelitian ini adalah lembar observasi metode tally, wawancara. Hasil analisis data statistic deskriptif menunjukan bahwa prilaku kecerdasan sosial pada fase baseline A1 mengalami penurunan dan fase intervensi B mengalami stabil, sedangkan pada fase baseline A2 mengalami peningkatan. Terdapat pengaruh layanan konseling teknik modeling untuk meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik dengan teknik Symbolic Modeling. Kata Kunci: layanan konseling, teknik Symbolic Modeling, kecedasan sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:14
Last Modified: 23 Jun 2022 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19587

Actions (login required)

View Item View Item