MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI KELOMPOK B DI TK ISLAM BINA BALITA BANDAR LAMPUNG

AYU, SHANIA ANGGI GUNAWAN (2022) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI KELOMPOK B DI TK ISLAM BINA BALITA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU SANIA ANGGI GUNAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berbicara anak kurang berkembang di karenakan anak masih kesulitan dalam berbicara dengan jelas, anak masih kesulitan dalam mengemukakan pendapat nya, anak masih kesulitan dalam berbicara terhadap kata-kata yang sulit di eja. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bernyanyi di kelompok B di TK Islam Bina Balita Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan 11 siswa TK Islam Bina Balita Bandar Lampung. Sedangkan objek penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui metode bernyanyi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa mengembangkan kemampuan berbicara anak dapat di lakukan melalui metode bernyanyi dengan mengikuti langkah-langkah penggunaan metode bernyanyi yang harus di terapkan yaitu : Guru harus memahami secara jelas tentang isi pokok bahasan yang akan di ajarkan kepada anak, Merumuskan informasi, konsep, fakta materi baru yang harus di kuasai/di hafalkan oleh anak, Memilih nada lagu yang sedang populer di kalangan anak, Menyusun informasi konsep, fakta, materi yang harus di kuasai anak ke menjadi bentuk lirik dan di sesuaikan dengan nadanya, Guru hendaknya mempraktikan terlebih dahulu dalam menyanyikan lagunya, Mendomentrasikan secara bersama-sama berulang- ulang. Dari penelitian tersebut kemampuan berbicara anak di kategorikan Berkembang Sesuai Harapan ( BSH ). Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Metode Bernyanyi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:51
Last Modified: 23 Jun 2022 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19586

Actions (login required)

View Item View Item