PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF KEPUTRAN

Linda, Nurmala (2022) PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF KEPUTRAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 DAN DAFTAR PUSTAKA_LINDA NURMALA.pdf] PDF
Download (24MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_LINDA NURMALA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam tatanan madrasah seseorang yang berperan sebagai pemimpin adalah kepala madrasah. Adanya peran supervsi kepala Madrasah dapat memberikan layanan yang sesuai sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang peran kepala madrasah membantu guru menyusun pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi, dan tindak lanjut program supervisi di Madrasah Aliyah Ma’arif Keputran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini mengamati peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Aliyah Ma’arif Keputran di Kec. Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum dan guru MA Ma’arif Keputran. Data sekunder berupa data teoritis, data dokumentasi dan data pendukung yang diperoleh dari dokumen madrasah. Uji keterbasahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : peran supervisi kepala madrasah dalam membantu guru menyusun pembelajaran yaitu guru mampu menyusun RPP dan menggunakan metode yang bervariasi. Selanjutnya dalam melaksanakan pembelajaran yaitu memperbaiki proses belajar mengajar di sekolah, mampu membuat program tahunan (prota) dan semester (promes), memberdayakan dan memfungsikan alat dan media pembelajaran. Kemudian dalam melakukan evaluasi yaitu peningkatan dalam proses pembelajaran dengan dibuktikan penghargaan yang diraih oleh siswa. Terakhir dalam melakukan tindak lanjut yaitu diadakan evaluasi secara komprehensif oleh kepala madrasah yang selalu mengadakan rapat mingguan dengan seluruh guru untuk memberi pengarahan dalam meningkatkan kreativitas siswa dan untuk mengetahui perkembangan siswa di kelas. Kata Kunci :Kepala Madrasah, Kinerja Guru dan Supervisi. iv ABSTRACT In a madrasa order, someone whoacts as a leaderis the head of the madrasa. The existence of a supervisory role for the Madrasah head can provid eappropriate servicesso as to improvet eacher performance. This study aimstoidentif yandex plain the role of the madrasa principal in helping teachers organize learning, implement learning, evaluate, and followup the supervision program at Madrasah Aliyah Ma'arif Keputran. This study uses a qualitative descriptive method, using a case study approach, in this case observing the role of madrasah head supervision in improving the performance of Madrasah Aliyah Ma'arif Keputranteachers in Kec. Sukoharjo, Pringsewu Regency. This study uses data collectiontechniquesbymeansofinterviews, observation, and documentation. The primary data in this study were the head of the madrasa, the waka of the curriculum and the teacherof MA Ma'arif Keputran. Secondary data in the form of the oretical data, documentation data andsupporting data obtained from madrasa documents. The wettability test ofthe data wascarrie doutby triangulation of sources. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicatethat: the supervisory role ofthe madrasah principal in helping teacher so rganize learning, namely the teacher isable to prepare lesson plans and usevarious methods. Further more, in carrying out learning, namely improving the teaching and learning process in schools, being able to make annual programs (prota) and semesters (promises), empowering and functioning learning tool sand media. Then in evaluating, namely improvement in the learning process with evidence of awards a chieved by students. Finally, in carryingout a follow-up, a comprehensive evaluation washeld by the head of the madrasa who always held weekly meeting swithall teachers top rovide direction in increasing student creativity and to find out the progress of students in class. Keywords: Principal, Teacher Performance andSupervision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:24
Last Modified: 23 Jun 2022 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item View Item