TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA NOMOR 5 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK OPERASIONAL PENGGUNAAN DANA ALOKASI KHUSUS FISIK BIDANG PENDIDIKAN (Studi Pada Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Selatan)

MUHAMMAD, ZIDANE ZIFRAN (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA NOMOR 5 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK OPERASIONAL PENGGUNAAN DANA ALOKASI KHUSUS FISIK BIDANG PENDIDIKAN (Studi Pada Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung Selatan). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ZIDAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Selatan terhadap peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga nomor 5 tahun 2019 tentang dana alokasi khusus fisik subbidang olahraga ditinjau dari ilmu fiqh siyasah. Dinas Pemuda Dan Olahraga merupakan suatu wadah untuk menampung segala kebutuhan baik yang bersifat fisik ataupun non fisik. Namun pada faktanya, banyak sekali fasilitas olahraga yang tidak sesuai dengan Operasional penggunaan Dana Alokasi. Maka dari itu, perlu adanya informasi terkait dana yang tidak sesuai dengan implementasinya, agar kinerja Dinas Pemuda Dan Olahraga berjalan dengan maksimal. Fasilitas adalah semua prasarana olahraga yang meliputi semua lapangan olahraga dan bangunan beserta perlengkapanya (sarana) untuk melaksanakan program kegiatan olahraga. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah bagaimana implementasi Dinas Pemuda dan Olahraga Nomor 5 Tahun 2019 tentang petunjuk operasional penggunaan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Olahraga, serta bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga nomor 5 tahun 2019 tentang petunjuk operasional penggunaan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Olahraga. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap peristiwa dan data-data lapangan. Sumber Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lapangan, dan data sekunder adalah kesaksian atau data yang tidak berkaitan langsung dengan sumbernya yang asli, Sumber data yang diperoleh secara langsung mencakup dokumen-dokumen resmi, jurnal hukum, laporan hukum dan media cetak atau elektronik, Undang-undang, kamus hukum, dan lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga nomor 5 tahun 2019 tentang dana alokasi khusus fisik bidang pendidikan subbidang olahraga sudah sesuai dengan pemimpin yang memiliki sifat amanah serta sesuai menurut syariat dan ilmu fiqh siyasah tanfidziyyah. Namun dalam pelaksanaannya masih ada kekurangan dari kebijakan yang sudah ditentukan, anggaran yang tidak tersalurkan sepenuhnya oleh pihak yang memiliki wewenang dan menyebabkan pembangunan renovasi gedung olahraga serta pemenuhan fasilitas tidak berjalan sesuai dengan rencana. Kata Kunci: Implementasi, Dana Alokasi Khusus, fiqh siyasah, Amanah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:27
Last Modified: 23 Jun 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item View Item