ANALISIS PENGARUH MODAL DAN PERILAKU PRODUSEN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Jaya Bakery Way Dadi Baru Sukarame Bandar Lampung)

GUSTINA, SUKMAWATI PUTRI (2022) ANALISIS PENGARUH MODAL DAN PERILAKU PRODUSEN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Jaya Bakery Way Dadi Baru Sukarame Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER-BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi COVID-19 yang terjadi pada saat ini mau tidak mau memberikan dampak terhadap berbagai sektor. Pada tataran ekonomi global, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat signifikan pada perekonomian domestik negara-bangsa dan keberadaan UMKM. Salah satunya yang berdampak pada usaha Jaya Bakery di Way Dadi Baru Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah modal berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan Jaya Bakery di masa pandemi covid-19, Apakah perilaku produsen berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan Jaya Bakery di masa pandemi covid-19, Apakah variabel independent (modal, perilaku produsen) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependent (pendapatan), Bagaimana tinjauan mengenai pendapatan di Jaya Bakery dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah modal berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan Jaya Bakery di masa pandemi covid-19, Untuk mengetahui apakah perilaku produsen berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan Jaya Bakery di masa pandemi covid-19, untuk mengetahui Apakah variabel independent (modal, perilaku produsen) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependent (pendapatan), untuk mengetahui tinjauan mengenai pendapatan di Jaya Bakery dalam perspektif ekonomi Islam. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini berjumlah 65 karyawan pabrik Jaya Bakery. Dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji prasyarat yang menggunakan uji normalitas dan uji multikoliearitas. Proses analisis data menggunakan analisis regresi lenier berganda dengan alat pengolahan data SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian hasil uji T parsial dalam penelitian ini didapatkan bahwa nilai T hitung Variabel Modal sebesar 2.930 > T tabel 1.668 dengan nilai signifikan 0,006 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) Modal berpengaruh secara parsial terhadap variabel (Y) pendapatan. Hal ini berarti Hipotesis diterima dan variable modal berpengaruh positif terhadap Pendapatan Jaya Bakery. Nilai T hitung Variabel Perilaku Produsen sebesar 2.377 > T tabel 1.668 dengan nilai signifikan 0.006 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel (X2) perilaku produsen berpengaruh secara parsial terhadap variabel (Y) pendapatan. Hal ini berarti Hipotesis diterima dan variabel perilaku produsen berpengaruh positif terhadap Meningkatnya Pendapatan Jaya Bakery . Berdasarkan hasil penelitian hasil uji f dalam penelitian ini didapatkan bahwa nilai F hitung sebesar 103,752 sedangkan nilai F tabel adalah sebesar 2.865 maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independent yaitu modal dan perilaku produsen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependent pendapatan Jaya Bakery dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Modal, Perilaku Produsen, Pendapatan, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:58
Last Modified: 23 Jun 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19561

Actions (login required)

View Item View Item